Tugas kuliyah
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM LUQMAN AL HAKIM SURABAYA
Mata Kuliyah : Wawasan Pergerakan
Dosen Pengampu : DR. Mashud M. Sos
Pemakalah :
Zulkifli
M Khoirul Amiruddin
Hasanudin
TAHUN 2017 / 2018
FRONT PEMBELA ISLAM (FPI)
I.
PENDAHULUAN
Fron Pembela Islam(FPI)
merupakan salah satu organisasi islam yang cukup penting pasca reformasi
Indonesia. Gerakannya yang kerap diwujudkan dalam tindakan –tindakan dan
aksi-aksi yang radikal telah menimbulkan ketakutan dan bahkan menjadi momok
bagi sebagian anggota masyarakat. FPI termasuk salah satu kelompok Islam
fundamentalis. Jargon-jargon yang mereka pakai memang tidak jauh dari doktrin
pembelaan kalimat Allah, lebih khusus lagi pemberlakuan syariat islam, dan
penolakan mereka terhadap Barat. Organisasi ini dengan cepat dikenal masyarakat
sejak beberapa tahun belakangan. Hal ini berhubungan erat dengan kegiatan utama
mereka, yaitu merazia tempat-tempat hiburan yang mereka percaya sebagai sarang
maksiat seperti klub malam, diskotik, kafe, dan kasino.[[1]]
Kemunculan gerakan islam
ini disebabkan oleh dua factor:yang pertama Faktor internal dari dalam umat
Islam itu sendiri. Factor ini dilandasi oleh kondisi internal umat islam
sendiri telah terjadi penyimpangan norma-norma agama.yang kedua Factor
eksternal diluar umat Islam, baik yang dilakukan rezim penguasa maupun hegomoni
barat. Seperti di Ambon dan praktik kemaksiatan yang terjadi di masyarakat,
telah mendorong gerakan islam bahwa syari’at islam adalah solusi terbaik terhadap
krisis. Pada giliranyya, radikalisme dijadikan sebagai jawaban atas lemahnya
aparat penegak hokum dalam enyelesaikan kasus yang terkait dengan umat Islam.
Dalam hal ini FPI menjadi gerakan amar ma;ruf nahi munkar terhadap segala
praktik kemaksiatan dan Laskar Jihad di Ambon menjadi gerakan yang berada di
belakang umat Islam Ambon yang sedang menghadapi konflik SARA.[[2]]
II.
RUMUSAN MASALAH
1.
Latar belakang terbentuknya FPI
2.
Tujuan FPI
3.
Riwayat hidup pendirinya
4.
Asas-asas perjuangan FPI
5.
Struktur Organisasi FPI
6.
Faham keagamaa
7.
FPI terkini
III.
PEMBAHASAN
1.
Latar Belakang
Terbentuknya FPI
Ketika terjadinya proses
reformasi,hapir tidak ada kekuatan sosial dominan yang bisa mengendalikan
gerakan masyarakat.Bahkan,aparat negara juga tidak memiliki peran yang efektif
untuk menjalankan fungsinya sebagai penjaga ketertiban sosial masyarakat.Yang
terjadi adalah munculya anarki sosial,yang ditandai dengan maraknya kerusuhan
diberbagai lapisan masyarakat.Setiap elemen masayrakat pada saat itu memiliki
kesempatan untuk melakukan konsolidasi,membentuk kelompok-kelompok sosial guna
mengekspresikan kepentingan masing-masing.
Dalam suasana dimana
kekuasaan yang ada tidak mampu menjalankan fungsinya secara efektif,setiap
kelompok dapat secara bebas memperjuangkan dan mengekspresikan kepentinganya,sekalipun
harus bertentangan dengan aturan hukum.Konflik sosial yang diwarnai dengan
berbagai tindakan kekerasan terjadi dimana-mana,mulai
Aceh,Ambon,Irian,Poso,hingga Sanggau Ledo-Pontianak.Ada semacam tindakan balas
dendam yang dilakukan oleh masyarakat terhadap negara dan juga terhadap
kelompok sosial lainnya yang dianggap sebagai bagian dari negara.Reformasi
merupakan arus balik gerakan sosial,dari dominasi kekuatan negara kekuatan
rakyat.
Oleh karena itu tiadanya
situasi yang kondusif yang tiadanya proses sosialisasi dan konsolidasi yang
memadai,terjadinya arus balik ini tidak menyebabkan timbulnya iklim sosial
politik yang kondusif bagi tumbuhya demokrasi dan justru sebaliknya,menjadi
ajang balas dendam yang melahirkan konflik dan kekerasan sosial.Masing-masing
kelompok saling berebut kepentingan dengan menjadikan reformasi dan demokrasi
sebagai legitimasi bagai tindakan mereka masing-masing.Sekelompok masyarakat
pada masa orde baru merasa ditindas dan diramapas hak-haknya serta diperlakukan
secara tidak adil oleh negara,pada era reformasi mereka bangkit dan melakukan
perlawanan untuk merebut kembali hak-hak mereka yang
terampas.Sebaliknya,kelompok yang dulunya menjadi baagian dari negara berusaha
menggunakan proses reformasi semaksimal mungkin untuk menghilangkan jejak
dengan cara menyamar menjadi pejuang reformasi dan demokrasi.
Umat Islam,sebagai bagian
terbesar dari bangsa ini,merasa bahwa reformasi adalah momentum yang sangat
tepat untuk merebut posisi penting dalam kekuasaan.Ketika proses reformasi
terjadi,sebagian umat Islam menggalang kekuatan untuk mengambil peran politik
yang lebih strategis.Dengan hilangnya kekuatan dn aparaturnya,umat Islam
memiliki kesempatan untuk menawarkan nilai-nilai Islam sebagai alternatif untuk
menjawab problem bangsa tanpa harus khawatir dicurigai sebagai kelompok ekstrim
kanan(kelompok fundamentalis)yang harus diberantas.Bahkan mereka merasa bangga
dengan sebutan-sebutan tersebut.
Selain karena alasan
tersebut,bangkitnya kekuatan Islam jenis ini juga didorong oleh suatu keinginan
untuk menjaga dan mempertahankan martabat islam dan sekaligus umat Islam.Umat
Islam tampaknya selalu bernasib kurang baik,selalu menjadi korban dari tatanan
sosial yang ada Untuk menjaga martabat dan
wibawa Islam,kelompok ini memandang perlu melakukan konsolidasi kekuatan
Islam guna membela umat Islam yang diserqang oleh kelompok lain.Atas dasar ini
,lahirlah laskar-laskar Islam.Laskar-laskar ini banyak melakukan pelatihan
kemiliteran untuk memberi pertlindungan kepada umat Islam di daerah-daerah
konflik dan untuk memberantas kemaksiatan.[3]
Akhirnya, Pada 17 Agustus
1998, bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-53, sejumlah ustadz, kyai, dan ulama,
sebagian besar dari Jabotebek, berkumpul di pesantren al-Umm Ciputat,
Tangerang. Pertemuan ini di maksudkan untuk memperingati dan mensyukuri
nikmatnya kemerdekaan sekaligus membicarakan berbagai persoalan yang terjadi di
masyarakat, mulai dari ketidakadilan sampai dengan hak asasi manusia, dimana
sebagian besar yang menjadi korban adalah umat Islam. Di antara mereka yang
hadir adalah K.H. Cecep Bustomi, Habib Idrus Jamalullail, K.H. Damanhuri, Habib
Muhammad Rizieq Syihab, dan K.H. Misbahul Anam, yang menjadi tuan rumah. Dalam
pertemuan inilah dihasilkan sebuah kesepakatan untuk membentuk sebuah wadah
yang bertujuan menampung aspirasi umat sekaligus mencarikan solusi terbaik atas
persoalan-persoalan diatas. Dan pertemuan tersebut dianggap sebagai hari
kelahiran FPI.[[3]]
Pemilihan nama”Front
Pembela Islam” untuk organisasi yang baru dibentuk ini memiliki makna
tersendiri. Kata “Front”menunjukkan bahwa organisasi ini selalu berusaha untuk
berada digaris depan dan memiliki sikap tegas dalam setiap langkah perjuangan.
Kata”Pembela”mengisyaratkan bahwa organisasi ini akan berperan aktif dalam
membela dan memperjuangkan hak Islam dan
umat Islam. Sementara kata “Islam” mencirikan bahwa perjuangan organisasi tidak
terlepas dari ikatan ajaran islam yang lurus dan benar. Dengan nama “Front
Pembela Islam” , organisasi ini membela “nilai” dan “ajaran”, bukan orang atau
kelompok tertentu. Artinya, sebagaimana dikatakan Habib Rizieq, pendiri
sekaligus ketua FPI, sangat mungkin organisasi ini membela kelompok non-Muslim,
karena menolong mereka adalah sebagian dari ajaran Islam.[[4]]
Situasi sosial-politik
yang melatarbelaki berdirinya FPI dirumuskan oleh para aktivis gerakan ini
sebagai berikut:
Pertama,adanya penderitaan panjang yang dialami umat Islam
Indonesia sebagai akibat adanya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh oknum
penguasa.
Kedua, adanya kewajiban bagi setiap muslim untuk menjaga
dan mempertahankan harkat dan martabat Islam serta umat Islam.
Ketiga, adanya kewajiban bagi setiap muslim untuk dapat
menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.
Dengan mencermati
faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnaya FPI maka tampak jelas bahwa
kelahiran FPI tidak bisa lepas dari peristiwa reformasi sebagai momentum
perubahan sosial politik di Indonesia .Dengan demikian,keberadaan FPI merupakan
bagian dari proses pergulatan sosial-politik yang terjadi di era reformasi.
2.
Tujuan Berdirinya FPI
Sebagaimana tertulis
dalam dokumen risalah historis dan garis perjuangan FPI, tujuan berdirinya FPI
adalah untuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Dlam mencapai amar ma’ruf, FPI
mengutamakan dengan metode bijaksana dan lemah lembut melalui langkah-langkah
:mengajak dengan hikmah(kebijaksanaan, lemah lembut)memmberi mau’idzah hasanah
(nasihat yang baik),dan berdiskusi dengan cara yang terbaik .Sedangkan dalam
melakukan nahi munkar,FPI mengutamakan sikap yang tegas melalui
langkah-langkah:menggunakan kekuatan/kekuasaan bila mampu dilakukan maka nahi
munkar dilakukan dengan menggunakan hati,yang tertuang dalam ketegasan sikap
untuk tidak menyetujui segala bentuk kemungkaran.
Tujuan lain terbentuknya
FPI adalah untuk membantu pemerintah dalam menumpas problem
sosialkemasyarakatan ,seperti prostitusi,perjudian,serta transaksi miras dan
narkoba.[[5]]
3.
Riwayat Hidup Pendiri
FPI
Nama
lengkapnya adalah Habib Muhammad Rizieq ibn Husein Shihab. Lahir di Jakarta
pada 24Agustus 1965,Habib Rizieq _demikianlah ia biasa dipanggil _berasal dari
keluarga Arab yang aktif dalam pergerakan. Ayahnya, Sayyid Husein,bersama
kawan-kawannya pada sekitar tahun 1937, mendirikan Pandu Arab Indonesia (PAI ),
suatu perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia keturunan Arab
yang berkedudukan di Jakarta, yang selanjutya menjadi Pandu Islam
Indonesia(PII). Tumbuh di lingkungan keluarga Arab, Rizieq sejak awal akrab
dengan pendidikan agama Islam. Di samping memasuki sekolah formal,
sebagaimanalayaknyamasyarakat Indonesia, orang tua Rizieq senantiasa menekankan
pentingnya agama dalam kehidupan. Oleh karena itu, selepas SMU Rizieq
diharapkan dan ia memenuhinya, melanjutkan pendidikan di Timur Tengah. Setelah
beberapa tahun belajar bahasa arabdan ilmu-ilmu Islam lainnya di LPIA,Rizieq
akhirya bias melanjutkan pendidikannya di Arab Saudi.
Demikianlah, Rizieq kemudian
melanjutkan sekolahnya di jenjang S1di king Saud University, Riyadh, Arab
Saudipada jurusan hukum Islam. Rizieqberhasil menyelesaikan studinya pada
pertengahan 1990. Setelah menamatkat pendidikannya, ia mengajar di sebuah SLA
di Riyadh yang di jalani selama setahun. Pada 1992 ia pulang ke Indonesia. Pada
pertengahan 1993 ia mendapatkan beasiswa S2 di Uiversitas Antar bangsa
Malaysia, namun setelah satu semester ia memutuskan untuk kembali ke tanah air
dan meneruskan kegiatan dakwahnya. Dan kegiatan inlah yang digeluti sampai
sekarang.
Kita memang tidak bisa menunjukkan bukti
adanya hubungan langsung antara latr belakang pendidikan dan kegiatan keagamaan
Rizieq dengan corak keagamaan garis keras FPI.hal yang bisa dijelaskan disini
adalah bahwa kegiatan dakwah yang dilakukannya sepulang daro Timur Tengah
semakin membuatnya bersentuhan dengan persoalan- persoalan social
kemasyarakatan secara lebih intensif. Dan hal inilah yang kemudian mendorongnya
untuk semakin jauh terlibat dalam mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Dalam
konteks demikian itulah Rizieq, yang sudah akrab dengan pemikiran dan gerakan
garis keras, tidak hanya menjadi demikian kritis terhadap kondisi yang ada
disekitarnya, tetapi yang terpenting adalah ia lebih memilih cara-cara radikal
dalam mengatasi masalah-masalah tersebut.[[6]]
4.
Asas- Asas Perjuangan FPI
FPI merupakan organisasi
lintas organisasi keagamaan dan lintas partai. Sepanjang masih menganut paham
ahlussunnah waljama’ah, seseorang bisa menjadi anggota FPI. Dalam konteks ini,
ahlussunnnah waljama’ah ditafsirkan sebagai paham keagamaan dengan
pengertiannya yang luas meliputi siapapun dan kelompok manapun selama yang
bersangkutan berpedoman pada Alqur’an, Hadits, Ijma’,dan Qiyas sebagai sumber
hukum. FPI mengakui keragaman madzhab keagamaan seperti yang ada dalam khazanah
keilmuan Islam, yaitu madzhab Hanafi, Maliki,Syafi’I, dan Hambali. Al qur’an
merupkan rujukan utama, sementara sunnah rosul merupakan sumber kedua yang
menjadi hujjah agama. FPI merupakan prinsip perjuangan amar ma’ruf nahi munkar.
Rujukan ini di dasarkan pada dalil Al qur’an yang menyatakan adanya perintah
tersebut(QS.Ali imron[3]:104,110). Dengan landasan tersebut, FPI mencoba
merangkainya menjadi sebuah metode perjuangan. Dalam melakukan metode amar
ma’ruf, FPI mengutamakan metode lemah lembut, sementara dalam menegakkan nahi
munkar mengutamakan metode yang keras dan tegas.
Sementara pedoman
organisasi FPI sebagaimana termaktub dalam AD/ ART jo ART Pasal 3, disebutkan
bahwa beriman kepada Allah adalah tujuan tertinggi, Nabi Muhammad adalah
teladan, Al qur’an adalah pedoman yang tertinggi; jihad adalah jalan hidup yang
harus ditempuh; dan syahid adalah cita-cita yang senantiasa didambakan. Atas
dasar pedomanini,lahir sebuah sembohyan yang terkenal,”hidup mulia atau mati
syahid.[[7]]
5.
Struktur Organisasi FPI
Organisasi FPI berorientasi pada gerakan maka ia tidak
mempedulikan format dan bentuk kelembagaan. Mekanisme organisasi juga tidak
ditemtukan secara rinci dan baku, tetapi ditetapkan secara temporal dan
kondisional sesuai dengan kebutuhan gerakan. Sementara pemimpin gerakan
memiliki otoritas penuh untuk mengambil kebijakan dan menentukan arah
pergerakan kelompok ini. Struktur organisasi terbagi menjadi tiga :struktur
utama, pusat dan daerah, dan struktur pos komando.
Untuk merealisasikan tujuan organisasi, dan dalam
uapaya memaksimalkan kerja organisasi, yakni jama’ah FPI dan Laskar FPI.
Jama’ah FPI ini melaksanakan kegiatan social keagamaan, seperti pengajian,
bakti social dan pendidikan. Sedangkan Laskar FPI bertugas melakukan pressure
fisik untuk memberantas kemaksiatan secara langsung,seperti penyerbuan tempat
hiburan, sweeping, dan demonstrasi. Laskar ini lebih menyerupai militer atau
milisi dibawah komando sang ketua umum FPI, Habib Rizieq.[9]
6.
Faham Keagamaan FPI
Azaz FPI adalah Islam ala
Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja).Menurut para pemimpin FPI ,Aswaja yang dipahami
oleh FPI tidaklah sama dengan yang dipahami oleh kalangan NU maupun
Muhammadiyah.Aswaja yang dipahami para aktivis FPI lebih mendekati pemahaman
Aswaja menurut kelompok Salafi yang dipimpin oleh Ustadz Ja’far Umar Thalib di
Yogyakarta.Mmenurut kelompok ini,Aswaja adalah mereka yang telah sepakat untuk
berpegang dengan kebenaran yang pasti sebagai mana tertera dalam Al-Qur’an dan
al-hadits dan mereka itu adalah para sahabat dan tabi’in.
Terdapat enam hal yang
dijadikan alasan mengapa kaum Salafi,dimana FPI termasuk didalamnya ,selalu
merujuk kepada para sahabat antara lain:
1.
Para sahabat nabi adalah orang-orang
yang dicintai Allah dan mereka pun sangat cinta kepada Allah(QS.al-Fath[48]:18)
2.
Para sahabat nabi adalah umat yang
adil,yang dibimbing langsung oleh Rasulullah dan menjadi pembimbingt sekalian
umat manusia setelah rasul meninggal(QS.al-Baqarah[2]:143)
3.
Para sahabat adalah teladan utama
setelah nabi (QS.al-Baqarah[2]:137)
4.
Kebaikan para sahabat tidak mungkin
disamai(hadits nabi)
5.
Para sahabat adlah sebaik-baiknya generasi
penerus(hadits nabi)
6.
Para sahabat nabi adlah orang-orang
pilihan yang diciptakan Allah untuk mendampingi nabi-Nya.
Menurut kelompok
ini,mengikuti jejak kaum salafus shalih harus dilakukan secara total,tanpa
reserve.Apa yang dipahami ,dilakukan,dan difatwakan oleh para sahabat yang
tercermin dalam diri para pemimpin agama diikuti secara utuh dan apa
adanya,tidak mengurangi dan juga tidak menambah.Hal ini meliputi bidang
akidah,hukum ,dan tingkah laku keseharian,seperti cara berpakaian
,makan,minum,dan shalat.Hal-hal inilah yang membedakan faham Ahlussunah wal
Jamaah yang dianut oleh FPI dan kelompok Salafi pimpinan Ja’far Umar Thalib
dengan paham Ahlissunah wal Jamaah yang dipahami kalangan NU dan Muhammadiyah.
Meskipun paham Aswaja kelompok FPI dengan kelompok Salafi memiliki
kesamaan,namun didalam penerapannya terdapat perbedaan.
Dalam paparan diatas
tampak jelas bahwa paham keagamaan FPI tergolong bersifat
skripturalis-simbolis,menjaga otentisitas ajaran sampai pada dataran yang
paling simbolik,meski hal itu harus dilakukan dengan melanggar substansi dari
ajaran itu sendiri.Dalam pemahaman kelompok ini .tidak ada pembagian antara
yang usul(pokok) dan yang furu’(cabang),antara yang substansif dan yang
simbolik.Pembagian urusan agama dalam dua tataran seperti itu dipandang sebagai
bid’ah.Menurut mereka,semua persoalan agama,baik yang usul maupun yang
furu’,baik yang simbolik maupun yang substantif adalah penting, terlebih lagi
menghidup-hidupkan sunnah nabi adalah sesuatu yang sangat penting meski pada
dataran yang paling simbolik sekalipun.[[8]]
7.
FPI Terkini
FPI dari awal berdirinya
hingga sekarang masih istiqomah berjalan diatas khittahnya. FPI masih menjadi
ormas yang tegas dan cerdas dalam mengikuti issue yang bergulir.
Oprasi-oprasi kemanusiaan
dan khizbah senantiasa terus dilancarkan oleh
FPI. Diantara hizbah yang paling senter bahkan beritanya mendunia ialah demo menuntut hukuman bagi gubernur DKI Jakarta Ahok yang telah menistakan Al Quran terjadi. Aksi itu terjadi pada 4 November (yang dikenal dengan Aksi 411) dan 2 Desember (yang dikenal dengan 212).
FPI. Diantara hizbah yang paling senter bahkan beritanya mendunia ialah demo menuntut hukuman bagi gubernur DKI Jakarta Ahok yang telah menistakan Al Quran terjadi. Aksi itu terjadi pada 4 November (yang dikenal dengan Aksi 411) dan 2 Desember (yang dikenal dengan 212).
Untuk oprasi kemanusiaan
yang terakhir yang telah dilancarkan FPI ialah mengirimkan bantuan logistik dan
tenaga ke sejumlah tempat bencana ditanah air. Diantaranya ialah gempa di
Lombok, sunami Palu, Donggala dan yang paling terakhir uialah mengirimkan bantuan
ke sunami Anyer dan Lampung.
Begitu juga dengan
dakwah-dakwahnya juga terus eksis ditengah tengah umat Islam Indonesia. Berbagai
tabligh Akbar, Maulid Akbar, dan istighotsah terus dilakukan secara masif dari
hari kehari. Yang paling nampak kegiatan yang dipelopori oleh FPI ialah maulid
akbar sekaligus reuni 212 yang diselenggarakan di Monasm pada hari Ahad 2
Desember 2018 yang lalu.
IV.
KESIMPULAN
FPI adalah salah satu organisasi atau gerakan
yang didirikan sebagai respon terhadap kondisi social politik Indonesia,y
pada17 Agustud 1998 resmi didirikan dan Muhammad Habib Rizieq sabagai
pelopornya sekaligus sebagai ketua umum FPI , dalam upaya untuk menegakkan amar
ma’ruf nahimunkar (memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran). Dalam
metode amar ma’ruf mereka menggunakan metode lemah lembut, sementara dalam
menegakkan nahi munkar mengutamakan metode yang keras dan tegas yaitu dengan merazia tempat-tempat hiburan yang mereka
anggap sebagai sarang kemaksiatan seperti klub malam,diskotik,kafe,dan kasino.
V.
PENUTUP
Demikian makalah yang
dapat kami paparkan tentang gerakan FPI(Front Pembela Islam), semoga
bermanfa’at bagi pembaca pada umumnya dan bagi pemakalah pada khususnya. Dan
tentunya makalah ini tidak lepas dari kekurangan, untuk itu saran kritik yang
bersifat konstruktif, guna memperbaiki makalah selanjutnya.
VI.
KRITIK DAN SARAN
FPI merupakan organisasi
masyarakat yang termasuk paling terkenal dan juga terbesar di Indonesia. Kiprahnya
untuk agama dan bangsa tidak diragukan lagi. Namun sebagai keritik, FPI
tidaklah malaikat yang terhidar dari salah. FPI masih mempunyai anggota anggota
laskar yang kurang disiplin dan kurang faham akan syariat yang benar. Banyak
diantara mereka anak-anak muda yang hanya bermodalkan semangat, ikut bergabung
dalam barisan FPI.
Sebagai saran, hendaknya
kedepan FPI terus berbenah diri dengan menyeleksi anggota-anggota laskarnya
ketika mengadakan penambahan anggota. Hal itu bertujuan suapaya kegiatan FPI
hanya di digerakkan oleh orang-orang yang benar-benar mempunyai kedisiplinan
dan kefahaman agama yang tinggi. Sehingga citra FPI akan terus membaik dimata
masyarakat Indonesia.
Add caption |
[1] Jamhari, Jajang
Jahroni,Gerakan salafi radikal di
Indonesia,Jakarta,PT Raja grafindo persada,2004,hlm.129.
[2]
Khamami Zada,Islam radikal,Jakarta,PT Teraju,2002,hlm.95-96.
[3] Al-Zastrouw
Ng,Gerakan Islam Simbolik,Yogyakarta:PT LKiS Pelangi Aksara ,2006,hlm:85-88
[4] Jamhari,
Jajang Jahroni,Gerakan salafi radikal di
Indonesia,Jakarta,PT Raja grafindo persada,2004,hlm:129-130
[5] Ibid.,hlm:132-133
[6] Al-Zastrouw
Ng,Gerakan Islam Simbolik,Yogyakarta:PT LKiS Pelangi Aksara ,2006,hlm:90-92
[7] Ibid.,138-140
[8] Vrrizal,sejarah- berdiri-fpi
,http://vrrizal.blogspot.com/2012/05/sejarah-berdiri-fpi.html di akses pada
tanggal 10 des
fpi
BalasHapusfpik ub
fpi surabaya
fpi tolak gandrung sewu
fpi tsunami banten
fpi vs banser
fpi di palu
fpi dibubarkan
fpi di anyer
fpi banten
fpi malang
fpi di selat sunda
fpi dan hti
fpi singkatan dari
fpi tsunami
fpi tsunami anyer
fpi di banten
fpi aceh
fpi menurut nu
fpi twitter
fpi logo
fpi adalah
fpi anarkis
fpi anjing
fpi airways
fpi adalah nu
fpi ambon
fpi apa itu
fpi artinya apa
fpi arab saudi
fpi arogan
fpi arsip
fpi airlines
fpi akui bendera
fpi aswaja
fpi adalah isis
fpi ansor
fpi anggota
fpi aksi bela tauhid
fpi ahok
fpi banyuwangi
fpi bantu tsunami banten
fpi bubar
fpi banser
fpi bantu palu
fpi bentrok dengan banser
fpi bangkalan
fpi berdiri
fpi bali
fpi blitar
fpi baiat isis
fpi bawa bendera isis
fpi bantu korban gempa lombok
fpi bubarkan
fpi berangkat ke papua
fpi bubarkan gandrung
fpi bendera tauhid
fpi bantu gempa di palu
fpi bojonegoro
fpi cantik
fpi cirebon
fpi cilacap
fpi cianjur
fpi ciledug
fpi ciputat
fpi gereja
fpi galang dana palu
fpi gempa sulawesi
fpi gus nur gempa
fpi gus dur
fpi gerak cepat bantu palu
fpi gempa palu hoax
fpi gempa donggala
fpi gempa sulteng
fpi greenpeace
fpi gerak cepat
fpi gerak cepat palu
fpi gempa lombok
fpi hti
fpi hari ini
fpi hoax
fpi habib rizieq
fpi harus dibubarkan
fpi hoax palu
fpi hadir di palu
fpi hilmi
fpi hari santri
fpi hoax bantu palu
fpi hoax gempa palu
fpi hoax cnn
fpi hoax kominfo
fpi hti pks
fpi habib rizieq syihab
fpi hidup mulia atau mati syahid
fpi hancurkan gereja
fpi hancur
fpi habib
fpi hoax ke palu
fpi itu apa
fpi isis
fpi id
fpi islam radikal
fpi intoleran
fpi itu nu
fpi ig
fpi illuminati
fpi indramayu
fpi instagram
fpi islam
fpi itu nu atau muhammadiyah
fpi ingin mengislamkan bali
fpi isis saudara kita
fpi islam apa
fpi itu aliran islam apa
fpi ingin mendirikan negara islam
fpi israel
fpi is
fpi indo
fpi jember
fpi jawa timur
fpi jaga gereja
fpi jombang
fpi jakarta
fpi jawa barat
fpi jogja
fpi jawa tengah
fpi joget
fpi jabar
fpi jakarta timur
fpi jambi
fpi jakarta selatan
fpi jombang tolak hti
fpi jalan kaki
penjahat
fpi jagakarsa
fpi jalan dari solo ke jakarta
fpi jaga rumah ratna
fpi jalan kaki dari solo ke jakarta
fpi kediri
fpi kota malang
fpi kepanjangan dari
fpi ke palu
fpi kab malang
fpi kaskus
fpi ke papua
fpi khilafah
fpi keluarkan maklumat dukung isis
fpi ke palestina
fpi kirim bantuan ke palu
fpi kominfo
fpi ketua
fpi kota palu
fpi kalsel
fpi kalimantan
fpi kebumen
fpi kalbar
fpi kompas
fpi karawang
fpi larang gandrung sewu
fpi lumajang
fpi lamongan
fpi lombok
fpi lambang
fpi lpi
fpi lampung
fpi lahir
fpi latihan militer
fpi lion air
fpi lgbt
fpi lubis
fpi larang gandrung banyuwangi
fpi laporkan psi
fpi langkat
fpi lampung tengah
fpi lawan banser
fpi lempar batu
fpi longsor sukabumi
fpi madura
fpi menolak gandrung sewu
fpi madiun
fpi menolak gandrung
fpi mendukung isis
fpi malang raya
fpi menurut cak nun
fpi melarang gandrung sewu
fpi masuk kristen
fpi menjaga gereja
fpi melarang gandrung banyuwangi
fpi makassar
fpi membantu korban gempa palu
fpi manado
fpi marah
fpi merusak
fpi membantu korban palu
fpi membantu palu