Selasa, 08 November 2016

DOA BERLINDUNG DARI ORANG JAHAT


DOA  BERLINDUNG  DARI  ORANG  JAHAT




*MUTHOLAAH Vol 36*.  29/10/2016
⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱

DOA  BERLINDUNG  DARI  ORANG  JAHAT

_عَن أَبِي مُوسَى رضي الله عنه أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَافَ مِنْ رَجُلٍ أَوْ مِنْ قَوْمٍ؛ قَالَ:_


اللَّهُمَّ! إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ
.
_رواه الإمام أحمد و ، "صحيح الجامع" (4706), رواه أبو داود    (1537)_



_Dari Abi Musa [semoga Allah meridhoinya,] Bahwasanya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam ketika takut kepada sesorang atau suatu kaum tertentu beliau membaca doa berikut_:

*Ya Allah kami menjadikanMu ditengkuk-tengkuk mereka dan kami berlindung kepadaMu dari kejahatan-kejahatan mereka*. 
(HR.Abu Daud 1537,  sohih)

⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱⛱

*📌Pengertian Hadits :📌*

⛔Anjuran ketika takut terhadap seseorang baik mereka berkelompok maupun sendirian untuk membaca doa ini.

⛔Hadits ini dimasukkan oleh Imam An Nawawi dalam kitab Riyadhus solihin pada bab adab safar, beliau bermaksud bahwa doa ini cocok dibaca ketika safar,karena dalam safar sangat rentan terhadap gangguan manusia.

⛔2 kalimat yang ringan diucapkan, jika dibaca dengan hati yang yakin diiringi dengan perendahan diri dihadapan sang maha kuasa Allah swt. maka cukup Allah lah yang akan memberesi semua gangguan tangan-tangan jahat manusia.

⛔Dikatakan _"tengkuk-tengkuk mereka / نُحُورِهِمْ "_ karena titik lemah manusia berada di tengkuk. Jadi *jika kita sudah meletakkan kekuatan Allah dalam tengkuk* mereka berarti kita sudah memegang kelemahannya dan otomatis mereka sudah tidak berkutik,Allahu Akbar!!.

⛔Kita umat islam diajari bahwasanya kekuatan Allah yang ghaib itu lebih kita nomor satukan daripada kekuatan makhluk meski tampak. Karena kekuatan Allah lebih dahsyat dan pasti menjamin. 

⛔ Takutnya Rosulullah disini bukan artian takut patuh seperti halnya takutnya beliau kepada Allah. Atau bukan juga takut sifat pengecut. Akan tetapi makna takut disini adalah takut yang bersifat tabiat manusiawii yang tidak bisa dihindari. Yakni tabiat semua manusia takut akan kecelakaan yang  akan menimpanya.

💐MT AS SAKINAH💐

Kunjungi kami di:
http://talimassakinah.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar