Selasa, 29 Januari 2019

MEREDA MURKA TUHAN


*MUTHOLAAH VOL. 106*


“MEREDA MURKA TUHAN”





عَنِ أَبِي أُمَامَةَ رضي الله عنه قَالَ , قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْه :
)) صَنَائِعُ الْمَعْرُوفِ تَقِي مَصَارِعَ السُّوءِ , وَصَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ , وَصِلَةُ الرَّحِمِ تَزِيدُ فِي الْعُمْرِ ((
.رواه المنذري ، سنده حسن


ARTI HADITS :

Dari Abu Umamah rodiyallahu 'anhu ia berkata, telah bersabda Rosulullah shallahu 'alaihi wa sallam :

"Perbuatan perbuatan baik itu menjaga diri dari kematian-kematian buruk, sedekah siir (sembunyi-sembunyi) akan memadamkan kemarahan Allah, dan silaturohmi akan menambah umur".

[HR. Al Mundziri, dalam At Targhib wa At Tarhib, sanadnya Hasan].



PENGERTIAN HADITS :

Hadits ini memberikan tiga bisyaroh atau kabar gembira, yaitu : 

1.    Perbuatan baik akan menjaga diri dari mati yang buruk. Para ulama mengatakan, yang dimaksud "kematian buruk" ialah seperti tabrakan, tenggelam, dan terbakar.  Atau juga mati dalam kondisi disesatkan setan dan mati pengecut lari dari medan pertempuran jihad fi sabilillah.  Ada yang memaknai maksud dari kematian buruk ialah mati dengan tiba tiba atau mati di tempat terbuka (terlihat dimuka umum).

2.    Sodaqoh secara sembunyi sembunyi akan mereda murka Allah Tidak ada suatu amalan yang lebih meredamkan amarah Allah kecuali bersedekah.  Maka raihlah cinta Allah dengan memperbanyak sedekah. 

Hikmah dari istimewanya sedekah yang tersembunyi:

وَلأِنَّ الإْسْرَارَ بِالتَّطَوُّعِ يَخْلُو عَنِ الرِّيَاءِ وَالْمَنِّ ، وَإِعْطَاءُ الصَّدَقَةِ سِرًّا يُرَادُ بِهِ رِضَا اللَّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى وَحْدَهُ وَنُقِل عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا - قَوْلُهُصَدَقَةُ السِّرِّ فِي التَّطَوُّعِ أَفْضَل مِنْ صَدَقَةِ الْعَلاَنِيَةِ بِسَبْعِينَ ضِعْفًا
Artinya : Karena amalan sunnah yang tersembunyi tidak akan terkena riya dan sifat mengungkit-ngungkit pemberian, dan pemberian sedekah secara tersembunyi diinginkan dengannya keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dinukilkan dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata :  “Sedekah secara tersembunyi dalam sedekah sunnah lebih utama daripada sedekah secara terang-terangan sebanyak 70 kali lipat”. [Ahkam Al Quran, Karya Ibnul Araby, 1/236]. 

Namun, _kadang kadang bersedekah dengan terang terangan itu juga  diperlukan, jika disitu ada manfaat yang lebih besar. Semisal seorang tokoh masyarakat bersedekah di depan masyarakatnya,  tujuannya untuk mendorong masyarakat  ikut juga dalam bersedekah, maka hal yang seperti ini  justru malah lebih utama.

Berkata Al Khathib:

إِنْ كَانَ الْمُتَصَدِّقُ مِمَّنْ يُقْتَدَى بِهِ ، وَأَظْهَرَهَا لِيُقْتَدَى بِهِ مِنْ غَيْرِ رِيَاءٍ وَلاَ سُمْعَةٍ ، فَهُوَ أَفْضَل

“Jika seorang yang bersedekah termasuk dari seorang yang dipanuti lalu ia memperlihatkannya agar diikuti tanpa ada perasaan riya’ dan sum’ah, maka ini lebih utama”. [Al Mughni Al Muhtaj, 3/121].

Jika Allah sudah cinta kepada ahli sedekah maka Allah akan amankan dia dari segala macam kesengsaraan hidup.

Sebagaimana keterangan berikut :

صدقةٌ قليلةٌ تدفعُ بلايا كثيرةً
“sedekah sedikit akan menolak banyak balak/kesengsaraan”
(sebuah ungkapan dalam kitab Kasyfu Al Khufa' 2/30 karya Al Ajalunj).


عن أبي أمامة الباهلي: دَاوُوا مَرضاكُمْ بِالصَّدقةِ
“Obatilah orang sakit diantara kalian dengan sedekah”.
[HR. Baihaqi, sohih].

3.    Silaturohmi memanjangkan umur. Perpanjangan umur yang dimaksud tidaklah bertentangan dengan takdir ketetapan Allah.  Imam Ibnu Qutaibah menerangkan bahwa maksud dari penambahan umur di dalam hadis tersebut dapat dipahami dengan dua makna:

Pertama : Diberikan kehidupan yang berkah, kelapangan rizki dan kesehatan badan. Jadi bisa jadi ketetapan umurnya sudah pasti, cuman disisa-sisa hidupnya menjadi berkah dan bermanfaat.

    Kedua : Allah Swt telah menetapkan batas usia hambaNya selama 100 tahun. Kemudian Dia menjadikan postur, susunan, dan struktur tubuh yang hanya bisa bertahan hidup selama 80 tahun saja. Namun, dengan bersilaturahim, Allah Swt. menambah susunan dan struktur tubuhnya serta melengkapi segala kekurangan sehingga ia bisa hidup 20 tahun lagi dari kapasitas fisik sebelumnya hingga ia bisa genap berumur 100 tahun.  (Ta’wilu Mukhtalaf Al hadis ).


-MT AS SAKINAH-

Kunjungi :



# FB : Taklim As Sakinah

# Gmail : jauharulfoundation@gmail.com

1 komentar:

  1. mereda murka

    meredam murka allah
    sedekah meredam murka allah
    cara meredam murka allah
    yang meredam murka allah
    amalan meredam murka allah
    sedekah dapat meredam murka allah
    hal yang meredam murka allah

    BalasHapus