Selasa, 22 Januari 2019

Semangat belajar mengajar hadits


*MUTHOLAAH Vol.101*


“SEMANGAT BELAJAR - MENGAJAR HADITS”





عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِيهِ قَالَ :
سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ :
))نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مِنَّا شَيْئًا فَبَلَّغَهُ كَمَا سَمِعَ فَرُبَّ مُبَلِّغٍ أَوْعَى مِنْ سَامِعٍ((
رواه الترمذي ، صحيح.


ARTI HADITS :

Dari Abdullah bin Mas'ud bercerita dari [bapaknya] dia berkata :
Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Allah akan memperindah wajah seseorang yang mendengar sesuatu dariku kemudian dia sampaikan sebagaimana dia mendengarnya, maka bisa jadi orang yang menyampaikan lebih cerdas dari yang mendengar"

[HR. Tirmidzi, sohih]




PENGERTIAN HADITS :

Maksud kalimat نضر ( memperindah) adalah Allah memperindah, melimpahkan kebahagiaan, kesenangan di dunia khusus kepada penyampai hadits  dan akan memberikan kenikmatan di akhirat, sehingga akan tampak pada dirinya indahnya nikmat dan kemudahan hidup (Mirqaatul Mashaabih: 1/306 karya Al Qaari).
Mulla ‘Ali al-Qari berkata, “Ada yang mengatakan:  Sungguh Allah telah mengabulkan doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (tersebut). Oleh karena itu, kamu dapati para (ulama) ahli hadits adalah orang yang paling bagus (elok) wajahnya dan indah penampilannya [ Mirqaatul mafaatiih syarhu misykaatil mashaabiih” (1/288) 

Diriwayatkan dari imam Sufyan bin ‘Uyainah bahwa beliau berkata: “Tidak  ada seorang pun yang menuntut (ilmu) hadits kecuali (terlihat) pada wajahnya kecerahan” yaitu : keindahan yang tampak atau yang bersifat maknawi (tidak tampak)” Syarafu ashhaabil hadits (hal. 27).

Kalimat hadits نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً  sebagian menganggap redaksi hadits itu sebagai bentuk kabar, "Allah menjadikannya sebagai orang yang mendapatkan keindahan"_,dan sebagian lagi  menyatakan sebagai bentuk doa "Semoga Allah memberinya keindahan" bentuk kabar lebih utama dari pada sebagai bentuk doa”. (Misqaatul Mashaabih: 1/306 karya Al Qaari).

Hadits ini menunjukkan keagungan hadits (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), keutamaan dan kedudukan orang-orang yang mempelajarinya. Hadits ini mengajarkan, bahwa dalam periwayatan hadits itu harus disampaikan apa adanya, tidak boleh dikurangi atau ditambahi. Siapa yang coba coba merubah rubah hadits dari Nabi saw maka dia telah melakukan dosa besar, dan ancamannya jaminan masuk neraka.  Keharusan bagi orang yang mempunyai ilmu hadits untuk menyampaikan kepada orang lain, karena barang kali orang yang mendengar lebih bisa memahami materi ilmu karena tingkat kecerdasannya yang tinggi atau lebih bisa mengamalkan apa yang ia fahami karena ketekunannya.

Dan dari Abu Musa Al Asy’ari  dari Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

))مَثَلُ مَا بَعَثَنِي اللَّهُ بِهِ مِنْ الْهُدَى وَالْعِلْمِ كَمَثَلِ الْغَيْثِ الْكَثِيرِ أَصَابَ أَرْضًا فَكَانَ مِنْهَا نَقِيَّةٌ قَبِلَتْ الْمَاءَ فَأَنْبَتَتْ الْكَلَأَ وَالْعُشْبَ الْكَثِيرَ وَكَانَتْ مِنْهَا أَجَادِبُ أَمْسَكَتْ الْمَاءَ فَنَفَعَ اللَّهُ بِهَا النَّاسَ فَشَرِبُوا وَسَقَوْا وَزَرَعُوا وَأَصَابَتْ مِنْهَا طَائِفَةً أُخْرَى إِنَّمَا هِيَ قِيعَانٌ لَا تُمْسِكُ مَاءً وَلَا تُنْبِتُ كَلَأً فَذَلِكَ مَثَلُ مَنْ فَقُهَ فِي دِينِ اللَّهِ وَنَفَعَهُ مَا بَعَثَنِي اللَّهُ بِهِ فَعَلِمَ وَعَلَّمَ وَمَثَلُ مَنْ لَمْ يَرْفَعْ بِذَلِكَ رَأْسًا وَلَمْ يَقْبَلْ هُدَى اللَّهِ الَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ  (( رواه البخاري (79) ومسلم (2282.(

“Perumpamaan apa yang Allah utuskan kepadaku dari petunjuk dan ilmu adalah seperti hujan yang lebat yang turun ke bumi, sebagian tanahnya adalah “naqiyyah” subur yang mampu menyerap air dan menumbuhkan tumbuhan dan rerumputan yang banyak, ada juga bentuk tanah yang “Ajaadzib” tandus yang mampu menahan air, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk minum dan mengairi sawahnya, ada juga bentuk tanah yang disebut: “Qii’aan” tidak mampu menyerap air dan tidak mampu menumbuhkan tumbuhan. Perumpamaan ini sama dengan seseorang yang telah memahami agama Allah dan bermanfaat baginya, maka dia pun mengetahui, mengajarkan dan mereka yang tidak mengangkat kepalanya (tidak peka) dan tidak menerima hidayat dari Allah yang aku telah diutus karenanya”. [HR. Bukhori: 79 dan Muslim: 2282].

Al Hafidz Ibnu Hajar – rahimahullah – berkata :
“Mereka yang mendengarkan (Rasulullah) diserupakan dengan jenis tanah berbeda yang diguyur air hujan, di antara mereka ada sebagai seorang alim, mengamalkan ilmunya dan mengajarkannya, mereka ini laksana tanah subur yang menyerap air, lalu ia pun merasakan manfaatnya pada saat yang sama ia mampu menumbuhkan dan memberi manfaat kepada orang lain. Di antara mereka juga ada yang mengumpulkan ilmu dengan waktu yang lama, hanya saja mereka tidak mengamalkan yang  hukumnya sunnah atau belum memahami apa yang telah ia kumpulkan, akan tetapi mereka telah menyampaikannya kepada orang lain, maka mereka ini laksana jenis tanah mampu menahan air dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang dan mereka inilah yang dimaksud dalam  hadits :

 (نَضَّرَ اللَّه اِمْرَأً سَمِعَ مَقَالَتِي فَأَدَّاهَا كَمَا سَمِعَهَا)

“Allah akan memberikan “nadhrah” kepada seseorang yang telah mendengarkan ucapanku, lalu ia pun melaksanakannya sebagaimana yang telah didengarnya”

Di antara mereka ada juga yang mendengarkan ilmu, namun tidak mampu menghafalnya, juga tidak mengamalkannya, tidak juga menyampaikannya kepada orang lain, maka mereka ini laksana jenis tanah yang mengandung garam atau yang tandus yang tidak mampu menahan air atau akan merusak yang lainnya. Sungguh perumpamaan tersebut pada dua kelompok pertama termasuk yang terpuji; karena keduanya sama-sama mampu memberikan manfaat. Sementara kelompok yang ketiga adalah tercela; karena tidak memberikan manfaat apa-apa, wallahu a’lam.


-MT AS SAKINAH-
Kunjungi : 

# FB : Taklim As Sakinah

1 komentar:

  1. semangat belajar
    semangat belajar bahasa inggrisnya
    semangat belajar dan berprestasi merupakan contoh perjuangan pelajar di
    semangat belajar adalah
    semangat belajar bahasa inggris
    semangat belajar siswa
    semangat belajar dan berprestasi merupakan perjuangan pelajar di lingkungan
    semangat belajar akan timbul bila didorong oleh suatu
    semangat belajar menurun
    semangat belajar islami
    semangat belajar sayang
    semangat belajar bahasa korea
    semangat belajar menurun karena terlalu sering bermain telepon genggam
    semangat belajar dalam islam
    semangat belajar bahasa jepang
    semangat belajar motivasi
    semangat belajar anak
    semangat belajar al quran
    semangat belajar agama
    semangat belajar anakku
    semangat belajar quotes
    semangat belajar anak sd
    semangat belajar akan timbul jika didorong oleh suatu
    semangat belajar akan timbul bila didorong oleh suatu brainly
    semangat belajar bahasa arab
    tepuk semangat belajar anak sd
    meningkatkan semangat belajar anak
    motivasi belajar agar semangat
    membangun semangat belajar anak
    lagu semangat belajar anak
    cara menumbuhkan semangat belajar anak
    kata mutiara semangat belajar anak sd
    semangat belajar menurut para ahli
    cara menumbuhkan semangat belajar anak sd
    kata mutiara semangat belajar anak
    semangat belajar bhs inggrisnya
    semangat belajar buat pacar
    semangat belajar bahasa jawa
    manfaat semangat belajar bagi siswa
    kata semangat belajar buat pacar
    ucapan semangat belajar buat pacar
    motivasi semangat belajar bahasa inggris
    cara semangat belajar bahasa inggris
    semangat belajar dalam bahasa korea
    pantun semangat belajar buat pacar
    kata semangat belajar buat anak
    semangat belajar dalam bahasa jepang
    puisi semangat belajar buat pacar
    kata semangat belajar buat adik
    slogan semangat belajar bahasa inggris
    semangat belajar cpns
    puisi semangat belajar chairil anwar
    cara semangat belajar
    caption semangat belajar
    cerpen semangat belajar
    puisi semangat belajar meraih cita cita
    cara semangat belajar di sekolah
    cerita semangat belajar
    cara semangat belajar di rumah
    cara semangat belajar sbmptn
    cara semangat belajar menurut islam
    caption semangat belajar bahasa inggris
    cemilan semangat belajar
    ceramah semangat belajar
    motivasi semangat dan cara belajar efektif
    cara semangat belajar matematika
    ciri semangat belajar
    cara semangat belajar wikihow

    BalasHapus