Rabu, 28 September 2016

Agama Nasihad

*MUTHOLAAH VOL 14.*

💛💝💛💝💛💝💛💝💛
 
 أن النبي صلى الله عليه وسلم_ قال : *«الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ» قلنا: لمن؟ قال: «لله, ولكتابه, ولرسوله, لأئمة المسلمين وعامتهم»*. رواه مسلم

Anna An Nabiya SAW, qoola :
*ad diinu an Nasihatu*
_qulnaa:_ *liman...?*    _qoola:_ *Lillahi, wa li kitaabihi wa lirusuulihi, wa lii 'aimati al muslimiina wa 'aamatihim*(rowahu muslim.).

Artinya :

Bahwasanya Nabi saw bersabda,_“Agama itu nasihat”* _Kami pun bertanya,_ *“Hak siapa (nasihat itu)?”*. _Beliau menjawab,_*“Nasihat itu adalah hak Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, pemerintah kaum muslimin dan rakyatnya (kaum muslimin)”*. (HR. Muslim no. 55 dan no. 95, sohih).


💛💝💛💝💛💝💛💝💛

 Pengertian hadits :

💊Ad diin bermakna pembalasan atau bisa juga bermakna agama/aturan. Sedang ad diin dalam hadits ini bermakna agama.

💊Secara terminologi kata nasihat adalah mengharap kebaikan dari orang lain yang dinasehati. *Definisi ini berlaku untuk sesama makhluk,* tidak berlaku kepada Allah, kitabNya dan  rosulNya.
💊 Dikatakan agama itu nasihat karena sebagian besar isi agama ini adalah nasihat. Entah itu yang berkenaan dengan akidah, ibadah, maupun muamalah.

💊 Nasihat kepada Allah mencakup 2 hal:
1. Ikhlas beribadah   2.Syahadat akan keesa'anNya, rububiyahNya, uluhiyahNya,asma dan sifatNya.

💊 Nasihat kepada kitabNya(Al Quran) mencakup beberapa hal : membela kemurniannya, meyakini semua isinya, menjalankan perintah dan larangan didalamnya, dan yakin seyakin yakinnya bahwa al Quran ini datang dari Allah.

💊Nasihat kepada Rosul mencakup beberapa hal : meneladani, meyakini kenabiannya, meyakini khabar yang dibawanya, menjalankan perintah dan larangannya, membela Nabi ketika masih hidup, menjaga sunnah-sunnahnya waktu beliau sudah tiada.

💊Nasihat kepada umaro'/pemimpin. Pengertian ini terbagi menjadi 2 yakni nasihat kepada umaro 'dan ulama'.
_🔸Pertama_ ; Nasihat kepada umaro' mencakup : mentaati perintahnya selagi tidak maksiat,mengharumkan namanya supaya rakyat juga mencintainya, menutupi kekurangannya, tidak memberontak.

_🔸Kedua_ ; Nasihat kepada ulama' meliputi : mencintai mereka, membantu mereka dalam menyebarkan ilmunya, dan menjaganya.

💊Nasihat kepada seluruh muslimin, maksudnya mencintai mereka, berbuat santun kepada mereka, mengucapkan salam, membantu dan seterusnya.

 *_Syarh Hadits Arbain An Nawawi li Utsaimin_

💐MT As Sakinah 29/09/16--27 Dzulhijjah 1347 H💐

Klik Link blog kami :
http://talimassakinah.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar