Selasa, 16 Oktober 2018

SETIAP PENYAKIT PASTI ADA PENYEMBUHNYA

*MUTHOLAAH Vol.97*

SETIAP PENYAKIT PASTI ADA PENYEMBUHNYA

Hasil gambar untuk setiap penyakit pasti ada obatnya



*
عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ قَال:*َ قَالَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
  *
تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ دَوَاءً غَيْرَ دَاءٍ وَاحِدٍ الْهَرَمُ*

ARTI HADITS :

Dari Usamah bin Syarik ia berkata, telah bersabda Rosulullah shallallahu 'alaihi wasallam  bersabda :  "Berobatlah, sesungguhnya Allah 'azza wajalla tidak menciptakan penyakit melainkan menciptakan juga obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu penuaan/pikun". (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmizi, sohih)

PENJELASAN HADITS : 

Ø Sehat dan sakit datang dari Allah SWT. Dià yang memberikan penyakit dan Dia pula yang menyembuhkan. 
Ø Hadits ini memberikan janji bahwa setiap penyakit pasti ada obat atau penyembuhnya.
Ø Ini adalah mukjizat nabawi yang  kita umat Islam harus mempercayainya. Adapun jika saat ini ada penyakit yang menurut sebagian manusia tidak ada obat penyembuhnya, maka bisa kita katakan bahwa obat tersebut belum diketemukan. Yakinlah bahwa suatu saat nanti Allah akan membukakan tabir itu. 
Ø Hadits ini memberikan motivasi kepada ahli pengobatan/tabib ataupun juga kepada penderita penyakit untuk semangat berikhtiar dalam menemukan obat.
Optimislah  bahwa penyakit apapun pasti bisa disembuhkan.
Ø Perlu kita fahami bahwa berobat itu merupakan sarana penyembuhan, tidak setiap upaya penyembuhan itu membuahkan hasil yang diinginkan, kesemuanya tetap dikembalikan kepada Allah Dzat pemilik sehat dan sakit. Oleh karena itu sepantasnya bagi seorang hamba untuk berdoa dan bertawakal kepada-Nya dalam setip upaya penyembuhan.
Ø Ada satu penyakit yang tidak bisa tidak pasti diderita manusia yang hidup lama didunia, yaitu penyakit pikun atau penuaan. Tua merupakan sunnatullah yang pasti terjadi kepada manusia manapun yang masih hidup. Sehebat apapun menusia menaggulangi masa tua maka pasti datang juga masa tua itu. Dan pada akhirnya meninggal dunia dan ini merupakan penyakit yang lebih pasti lagi untuk menghampiri setiap manusia. 


-*MT AS SAKINAH*-

Kunjungi : 
- # fb : Taklim As Sakinah
- # Gmail : jauharulfoundation@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar