Selasa, 16 Oktober 2018

SEMUA KEBAIKAN ADA UPAHNYA

*MUTHOLAAH Vol.98*   08/07/2018


SEMUA KEBAIKAN ADA UPAHNYA

Hasil gambar untuk semua kebaikan ada upahnya

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ حَدَّثَ
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم :
َ *إِنَّ الْكَافِرَ إِذَا عَمِلَ حَسَنَةً أُطْعِمَ بِهَا طُعْمَةً مِنْ الدُّنْيَا وَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَإِنَّ اللَّهَ يَدَّخِرُ لَهُ حَسَنَاتِهِ فِي الْآخِرَةِ وَيُعْقِبُهُ رِزْقًا فِي الدُّنْيَا عَلَى طَاعَتِهِ*

ARTI HADITS :

Dari Anas bin Malik ia menceritakan dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam:
“Bila orang kafir mengerjakan suatu kebaikan, dengan kebaikan itu ia diberi sesuap makanan dari dunia, sedangkan orang mu`min itu kebaikan-kebaikannya disimpan oleh Allah di akhirat dan ia diberi rizki di dunia karena ketaatannya”. (HR. Muslim, 5023)

PENGERTIAN HADITS :

Ø Setiap amal baik yang dikerjakan manusia siapapun dia orangnya,  pasti ada balasannya dari Allah. 
Ø Ada perbedaan balasan antara orang mu'min dan orang kafir. Orang mu'min upah dan balasannya Allah kasihkan kepadanya di akhirat kelak. Akan tetapi efek dari amal baiknya tersebut juga mngundang rizki Allah di bumi. Sehingga kehidupan seorang mukmin yang taat pasti akan tercukupi rizkinya didunia ini. 
Ø Bagi orang beriman, dengan diberinya nikmat rezeki di dunia ini sama sekali tidak mengurangi kenikmatannya di akhirat kelak. Rizki di dunia yang ini merupakan bonus dari-Nya untuk hamba-hamba-Nya yang taat.
Ø Jadi dengan menjadi muslim yang taat beribadah dan beramal sholeh pasti hidupnya akan mulya di dunia dan lebih-lebih di akhiratnya. 
Ø Sebaliknya orang kafir yang berbuat baik pasti juga akan mendapatkan balasan dari kebaikannya. Akan tetapi balasan itu Allah kasihkan kepada dia ketika hidup didunia ini. Sedang diakhiratnya dia sama sekali tidak mendapatkan balasan dari kebaikan yang telah ia perbuat.
Ø Perbedaan antara balasan dunia dan akhiat. Kalau balasan itu dikasihkan didunia menunujukkan bahwa balasan itu hina tak berarti. Sebab sifatnya dunia itu hina, segala yang dimunculkan didunia berarti dia itu hina. Sedangkan balasan akhirat sifatnya istimewa dan abadi. Karena sifatnya akhirat (jannah) istimewa dan abadai selamnaya, segala hal yang Allah munculkan di jannah berarti dia itu sesuatu yang istimewa. 
Ø Penyebab perbedaan antara balasan di dunia dan di akhirat adalah keimanan masing-masing. Agama yang diterima Allah hanya Islam, selain Islam tertolak. 
Ø Ikhlas ialah berbuat kebaikan karena mengharap ridho dan pahala dari Allah swt. Berdasarkan pengertian ini berarti ikhlas itu bukanlah hati yang rela atau legowo (jw). Jika kita maknai bahwa ikhlas itu kerelaan hati maka tentunya banyak amalan orang kafir yang diterima Allah, karena banyak orang kafir yang mempunyai sifat legowo ketika berbuat baik. Akan tetapi faktanya kebaikan mereka tetap tertolak, sebab hilangnya islam, iman dan ikhlas dalam hatinya.


-*MT AS SAKINAH*-

Kunjungi : 
- # fb : Taklim As Sakinah
- # Gmail : jauharulfoundation@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar