Jumat, 01 Februari 2019

DO'A PENYEMBUH YANG MUJARAB


*MUTHOLA'AH VOL.109*

“DOA PENYEMBUH YANG MUJARAB”


عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ الثَّقَفِيِّ أَنَّهُ قَالَ :
قَدِمْتُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِي وَجَعٌ قَدْ كَادَ يُبْطِلُنِي , فَقَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :
))اجْعَلْ يَدَكَ الْيُمْنَى عَلَيْهِ , وَقُلْ :بِسْمِ اللَّهِ , أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ  سَبْعَ مَرَّاتٍ .  فَقُلْتُ ذَلِكَ فَشَفَانِيَ اللَّهُ((
رواه إبن ماجه، صحيح

ARTI HADITS :

Dari 'Utsman bin Abu Al 'Ash Ats Tsaqafi bahwa dia berkata, "Saya datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan (saat itu) saya menderita penyakit yang sangat menggangguku, maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadaku:

"Letakkanlah tanganmu yang kanan di atasnya (anggota badan yang sakit) lalu ucapkanlah : (Dengan nama Allah aku berlindung dengan keagungan Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang aku rasakan dan aku hindari)  hingga tujuh kali". Lalu saya mengucapkan do'a tersebut, maka (dengan itu) Allah menyembuhkanku".

(HR. Ibnu Majah, Sohih)
PENJELASAN HADITS :

Hadits ini memberikan cara bagaimana menyembuhkan penyakit dengan alternatif doa ruqyah. 

Adapun cara doa ruqyah pengobatan ini jika kita urutkan ialah : 

1.    Meletakkan tangan kanan di tempat yang sakit.
2.    Membaca “Basmalah” dengan lengkapnya : بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  sebanyak (3x).
3.    Membaca doa ini :  أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ sebanyak (7x)

Tujuan mendahulukan kalimat basmalah sebelum ta'awudz memberikan makna bahwa nama Allah selalu didahulukan sebelum memohon kepada-Nya. Memuji Allah dengan asma'ul husna sebelum berdoa merupakan wasilah untuk ter-ijabahi-nya doa. Dengan doa ini insya Allah sakit akan Allah sembuhkan. 

Syarat membaca doa ini harus diikuti dengan keyakinan yang kuat (pasti sembuh) dan niat yang ikhlas atau tulus tanpa ada motif-motif lain. Membaca doa ini berlaku untuk segala jenis penyakit, baik penyakit yang kronis maupun penyakit yang ringan.

At Thibbi mengatakan :  “(doa ini ) dipakai untuk berlindung dari penyakit dan segala hal yang tidak mengenakkan. Bahkan juga berlaku untuk berlindung dari rasa takut dan kegundahan hati”. 

Mari kita biasakan mengadakan ikhtiar pengobatan penyakit dengan meruqyahnya dengan doa ini.  Insyaa Allah, Allah akan memberikan kesembuhan. Sebab sehat dan sakit itu milik Allah, jika kita memohon benar benar kepada Allah akan kesehatan maka Allah akan mengabulkanya. 

Bukti akan kemujaraban doa ruqyah ini adalah testimoni dari Perowi hadits sendiri yaitu sahabat Utsman bin Abi Al 'Ash rodiyallahu 'anhu. Setelah beliau membaca doa ini beliau dengan izin Allah disembuhkan dari penyakitnya.  (Disarikan dari kitab : Faidhul Qodir ; hadits no. 448, hal. 365, jilid.1).



-MT AS SAKINAH-

Kunjungi :

# FB : Taklim As Sakinah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar