DAFTAR ISI
BAB
I
اَلْحَمْدُ للهِ الْمَلِكِ
الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى
آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ
بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ:
Ibadah Haji adalah rukun islam yang ke
lima. Setiap muslim yang sudah mempunyai kemampuan wajib melaksanakan ibada
ini. Bila ada muslim yang berkemampuan tidak mau melaksanakan rukun yang kelima
ini, maka dia dikategorikan orang yang membangkang kepada perintah agama.
Ibadah haji mempunyai serangkaian
ritual ibadah (manasik) yang panjangn dan melelahkan. Akan tetapi dibalik itu
semua tersimpan makna dan hikmah yang begitu dalam. Disetiap ritualnya
memberikan banyak pelajaran tentang perjalanan hidup manusia.
Didalam buku kecil ini akan sedikit
kami kupas tentang hikmah dibalik setiap manasik haji. Dengan sedikit kemampuan
berfikir yang ala kadarnya, kami mencoba belajar untuk memaknai dari setiap
ritual ibadah ini.
Tujuan kami dari penulisan buku ini
tiada lain hanya sebagi ajang latihan untuk merenungi sebagian dari ibadah yang
Allah wajibkan kepada hambaNya. Dengan begitu diharapakan bisa menambah
kekhusyukan beribadah.
Kemudain dalam buku ini juga kami
bawakan beberapa hadits berkenaan dengan fadilah dari setiap ritual manasik
haji. Dengan tujuan supaya kita juga termotivasi untuk bersemangat menjalankan
ibadah haji.
Akhir kata semoga Allah memudahkan
langkah kita (bagi yang belum menunaikan ibadah haji) untuk segera bisa menunikan ibadah haji dan
semoga bagi yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji semoga Allah menerima
hajinya serta menjadikan hajinya menjadi haji yang mabruru. Amiin yaa robbal
‘alamiin.
Kami juga memohon kepada Allah SWT
semoga sedikit coretan ini bisa membawa manfaat kepada diri kami pribadi dan
kepada pembaca sekalian. Amiin yaa robbal ‘alamiin. Jazakmullah
khoiron.
Penulis
Bangkalan, 21 September 2017 M
01
Muharrom 1439 H
H.dr Jamaluddin Sp M & Hj. Afri
Asiatin
- Alhamdulillah, tanggal 15 agustus 2017, kami
berangkat ke Jeddah lewat embarkasi juanda surabaya, jam : 21.00WIB , dengan
Saudi Airlines Dari asrama haji Sukolilo,
Surabaya, kami sudah mengenakan pakaian ihrom karena berniat mengambil miqot
umroh wajib di Yalamlam ( miqot bagi penduduk Yaman dan yang melewatinya).
- Ini haji yang ke 2 buatku, mendaftar 7 tahun yangg
ll tepatnya februari 2010. Memang haji di
syariatkan hanya sekali seumur hidup, namun bagiku,ada beberapa pertimbangan
dan semacam ketidak puasan ketka haji pertama dulu.Ya semacam kurang sempurna, begitu
(istilah menurut saya saja).
- Maka,berangkat kali inipun masih berasa terharu
hatiku, apalagi diantar dengan doa dan airmata dari kerabat , tetangga , ibu –
ibu majelis taklim. SubhanaLlah,
Alhamdulillah. Laailaahaillallah. Laa haula quwwata illa billah. Maha Suci
Engkau Yaa Allah. Segala Pujian hanya
patut UntukMu.Tiada Rob lain yang patut kami sembah kecuali hanya Engkau.
Dan sungguh, kami tak berdaya melangkah, tak
berdaya beramal, tak berdaya berangkat haji kali ini, kecuali dengan bantuanMu.
- Terimakasih yaa Robbi.
- Haji pertama dl th 1997, setahun penuh, sepekan
sekali kami manasik haji, ke Kh ja'far (alm) pulosari surabaya. Berangkat kali ini, meski ada media bersama, saya
sering tidak bisa hadir, di acara manasik haji. Jadi saya berangkat dengan ilmu
manasik seadanya.
- Singkat cerita,Saudia Airlines,
mengangkut kami ke Tanah Suci.
- Jam 3 pagi , Saudia menjejakkan rodanya
di jeddah.Setengah jam sebelum mendarat,diatas Yalamlam, kami melafalkan
niat umroh “Labbaik Allohumma umrotan”. "Ya Allah, kami datang memenuhi
panggilan MU”. Setelah proses imigrasi selesai, kami di bawa bus menuju Makkah
Al Mukaromah, kota yang senantiasa kami rindukan, kota yang menjanjikan berjuta
keutamaan ketika beribadah di dalamnya.
- Kami mengikuti haji tamattu', jadi mengerjakan
umroh dahulu , kemudian bersenang - senang / kegiatan harian sebelum
mengerjakan prosesi haji.
- Hotel Al Seel Rawdloh seolah telah menanti
kehadiran kami. Hotel berjarak sekitar 3,3 Km
dari Masjidil Harom, memberikan kenyamanan setelah sehari semalam lelah
melanda. Dengan tetap ingat , bahwa kami
sedang berihram, kamipun berbersih diri dan beristirahat sejenak.1 jam kemudian
kami serombongan telah bersiap di lobi hotel, bersama naik bus Shalawat yang
gratis, kemudian berthawaf dan sai melaksanakan Umroh Wajib. Turun dari bus
Shalawat, tampak di depan mata Masjidil haroom yang megah. Masjid ysng senantiasa kurindukan, masjid yang
barang siapa sholat di dalam nya, ia beroleh 100.000 x pahala. Adakah tempat lain yang se mulia masjid ini?. Aku datang yaa Allah, terimakasih telah Engkau panggil
lagi diriku ke sini. Rindu yang
terpendam, mengantar keharuan di dada. Salam
penghormatan terlantun tatkala kaki ini memasukinya.Ya Rob, bukakan pintu
rahmatMu. Berombongan memasukinya, dihadapan
kami berdiri tegak Ka'bah, baituLlah, rumah Allah. Bangunan kubus berkiswah warna hitam yang tak pernah
putus sedetikpun orang ber thawaf, memuliakannya. Kami pun ber istihlam, mengucap “BismiLlahi Allahu
Akbar (3x)”, di jalan lurus hajar aswad, Memulai perjalanan thawaf kami. Berputar
7x mengikuti sunnah manusia terkasih junjungan kami, RasuluLlah Muhammad saw.
Ya Rob, inilah lambang pusaran cintaMu, jangan
Engkau jauhkan kami dari pusaran cinta Mu, peluk terus kami, dekap kami, tuntun
kami. Kubayangkan ketika lahir, Rasulullah
langsung diajak berthawaf oleh paman nya, yang bergembira atas kelahiran
manusia penuh cahaya itu. Kini kami di
beri kesempatan menapak tilasi nya.
- Setelah thawaf dan sholat sunnah 2 rakaat di
belakang Maqom Ibrahim, serta berdoa di sana, kami mengambil air zam zam, air
penuh berkah dari sumur Zam Zam, meminumnya dengan di sertai sepenuh doa. Ya Rob, nikmat darimu sangat sempurna.
- Selesai prosesi umroh wajib kami
dengan ber tahalul ( menggunting rambut minimal 3 helai) Usai Istirahat sejenak membuang penat, beranjak kami
ber Sai, perjalanan dari bukit Shofa ke bukit Marwah dan sebaliknya sebanyak
7kali (lk 700m x 7). Meneladani Ibunda Zahra, ibunda Nabi Ismail, istri NabiyuLlah
Ibrahim , ketika kehabisan air susu bagi putra tercintanya. Kubayangkan kondisi ketika itu : panas, gersang,tak
punya sanak kadang. Beliau memang wanita
pilihan, wanita tegar. Prosesi Sai
berakhir dan kamipun bertahalul, memotong minimal 3 helai rambut.
- Kegiatan
hari hari selanjutnya adalah penantian menjelang hari ARMINA(arofah mina),
Prosesi puncak ibadah haji yang ditunggu2. Hari2 yang di isi dg beribadah di masjidilharam.
- AlhamduliLlah,
sempat umroh sunnah 2 kali ( kaki mas sakit baiklah asam uratnya kambuh, jadi memang
harus banyak istirahat sekalian menyiapkan amunisi untuk puncak ibadah
haji). Sholat duhur dan ashar lebih banyak dilakukan di masjid hotel atau
sekitar hotel. Sedang sholat tahajud lanjut subuh, maghrib sambung isya, pergi
ke masjidil haram. Saya usahakan thawaf sunnah sehari sekali,di ka'bah , tempat
ber thawaf hanya ada di makkah.
- Bessok
tgl 8 Dzulhijjah, saat seluruh jamaah haji indonesia di bawa ke padang arofah
untuk wukuf di tanggal 9 nya. Tak ada kesempatan ber tarwiyah bagi jamaah
indonesia, mungkin karena banyaknya jamaah sehingga mengalami kesulitan tehnis
pengangkutan nya. Namun bagi yang mengajukan ijin, difasilitasi sg membayar 200
SR Salah satu alasan kami untuk berhaji kembali adalah ingin mengikuti tarwiyah
(mabit di mina pada tanggal 8 dzulhijjah, mengikuti sunnah Rasulullah).
Alhamdulillah ada peluang dan legal, kami pun mendaftarkan diri. Dan dalam 1
kloter 55 SUB, hanya saya dan suami yang berminat.Tidak apa – apa Tanggal 8
kami mengikuti mabit di mina digabungkan dengan KBIH Al Kautsar wonogiri
embarkasi solo, bersama 2 orang dari bekasi dan 4 lainnya lupa dari mana. Waktu
duha kami mulai dengan sholat duha, berdzikir sepenuhnya. Waktu semaksimal mgkn
kami gunakan, diseling dengan Ishoma. Syukur tak terkira, KBIH yang kami ikuti
cukup maksimal membimbing ibadah jama'ah nya. Hingga keesokan harinya, tanggal
9 dzulhijjah, setelah mengerjakan sholat subuh, kamipun berkemas siap menuju
padang arofah untuk wukuf, bersama jutaan Tamu Allah dari berbagai penjuru
dunia. Haji adalah wukuf di arofah, maka siapapun harus mengikuti nya meski ia
sakit, lemah. Inilah puncak penantian itu, inilah puncak ibadah hajiku. Jam 8
pagi sampai kami di Arofah, menuju tenda kloter 55 dan bergabung kembali dengan
teman – teman satu rombongan yang sudah berada di arofah tanggal 8 kemarin. Bersyukur
kami mengikuti tarwiyah, secara fisik tubuh kami lebih fresh karena mempunyai
kesempatan istirahat / tidur, mandi dan sebagainya lebih banyak di mina,
sehingga berwukuf pun segar. Di arofah, toilet antri luar biasa dan 1 tenda (
tanpa ac tapi kipas angin ) di pakai 1 kloter, berdesakan.
- Saat
wukuf dimulai ketika adzan duhur tiba, di awali sholat duhur dan ashar
jama' tanpa qoshor kemudian khutbah arofah dan doa – doa wukuf di pimpin
beberapa kyai bergantian. Hari Arofah, 9 dzulhijjah, si tempat yg mustajab, di
waktu yang mustajab, mulai duhur sampai maghrib, kami maksimalkan berdoa, beristighfar,mohon
ampun, merengek , mengemis kemurahan Allah, menyampaikan segala hajat. Allah,
Rob ku, Dia membanggakan hamba – hambanya yang sedang berwukuf kepada malaikat
– malaikatNya. Dia turunkan rahmat Nya, Dia mengampuni semua dosa meski sebanyak
hujan yang turun ke bumi. Tidak ada hari yang Dia membebaskan dari api neraka
kecuali hari ini, hari Arofah. Setiap detik begitu berarti, maka sangat hampir
semua jamaah memaksimalkan waktu ini untuk ber munajat, meminta pada Sang
Pemilik segalanya. Panas yang sangat terik, di hari arofah, membakar, tapi tak
melemahkan semangat. Hingga maghrib tiba, kami sholat magrib dan isya jama'
tanpa qoshor sambil menunggu antrian bus yang membawa kami ke muzdalifah, untuk
mabit disana. Lelah tak kami rasakan, meski seharian kami tak istirahat.
Kami ke muzdalifah, untuk mabit sampai lepas tengah malam, mengerjakan salah satu wajib haji. Di lepas kami di tempat luas, mencari kerikil untuk jumroh di mina (lk 80 buah, baiklah kami berniat mengikuti nafar tsani). Kemudian beristirahat, tidur, melepas lelah, Waktu haji tahun 1991 dulu, tak ada kesempatan mabit di muzdalifah bagi seluruh jamaah haji indonesia. Saya ingat, saya dan suami waktu itu maksa minta turun untuk ngambil kerikil. Hanya kami berdua yang diijinkan dan itupun sebentaaar sekali, langsung naik bus dan meluncur ke mina. (ini pula yang mendorong kami untuk berhaji kembali). Lepas tengah malam , kembali antri kami nunggu bus untuk ke mina. Mulai jam:12.00 malam, jam:1.30 baru kami terangkut. Dari bus. kami saksikan jamaah berpakaian ihrom bergelimpangan, tidur, antri dan sebagainya. Ya Rob, ini semua makhlukmu kaya, miskin, berpangkat, petani, semuuaaa sama. Bagai di kuburan, menanti saat hisabMu tiba. Menetes air mata ini melihatnya, ya saya juga bagian dari mereka tadi. (saat di arofah, pemandangan seperti ini tidak bisa di saksikan, ya kami berada di tenda – tenda).
Kami ke muzdalifah, untuk mabit sampai lepas tengah malam, mengerjakan salah satu wajib haji. Di lepas kami di tempat luas, mencari kerikil untuk jumroh di mina (lk 80 buah, baiklah kami berniat mengikuti nafar tsani). Kemudian beristirahat, tidur, melepas lelah, Waktu haji tahun 1991 dulu, tak ada kesempatan mabit di muzdalifah bagi seluruh jamaah haji indonesia. Saya ingat, saya dan suami waktu itu maksa minta turun untuk ngambil kerikil. Hanya kami berdua yang diijinkan dan itupun sebentaaar sekali, langsung naik bus dan meluncur ke mina. (ini pula yang mendorong kami untuk berhaji kembali). Lepas tengah malam , kembali antri kami nunggu bus untuk ke mina. Mulai jam:12.00 malam, jam:1.30 baru kami terangkut. Dari bus. kami saksikan jamaah berpakaian ihrom bergelimpangan, tidur, antri dan sebagainya. Ya Rob, ini semua makhlukmu kaya, miskin, berpangkat, petani, semuuaaa sama. Bagai di kuburan, menanti saat hisabMu tiba. Menetes air mata ini melihatnya, ya saya juga bagian dari mereka tadi. (saat di arofah, pemandangan seperti ini tidak bisa di saksikan, ya kami berada di tenda – tenda).
- Kira – kira jam 2 malam tiba di tenda mina balik gunung,
lebih kurang 3 km dari jamarat. Kata orang, tenda kami masuk ke mina jadid, perluasan
dari mina dan sebenarnya masih bagian dari muzdalifah, Allahu alam. Dan tenda kami terjauh jauuhhh sekali. Yah sudah lah diterima aja. Setelah mandi ( belum banyak jamaah yang
tiba, sehingga kamar mandi masih lumayan sepi) dan sholat tahajut, berombongan
kami meninggalkan tenda menuju jamarot untuk lempar jumroh Aqobah. Lumayan 3, 5 km melewati 3 terowongan. Kami masih ber
ihrom ketika itu, malam yg tidak terasa sunyi lagi bagi kami. Takbir terucap mengiringi langkah, sesekali di iringi
guyon. Bersama 30 orang kami berjalan,
lelah tak kami rasakan. Sebenarnya ini
bukan waktu afdhol untuk melempar jumroh aqobah, tapi kami ingin segera ke
masjidil harom untuk mengerjakan thawaf ifadhah dan sa'i. Ini kesepakatan kami sebelum ibu – ibu yang WUS (
wanita usia subur) terkena haidh. Melempar
di tingkat 3 (ketika haji tahun 1997 masih belum ada), prosesi lempar jumroh aqobah terasa ringan di
kerjakan. Bismillahi, Allahu Akbar. Satu
– persatu batu kami lempar ke sumur. Alhamdulillah, kami pun ber tahalul awal,
memotong minimal 3 helai rambut dan berdoa. Lepaslah ihrom kami. Allohumma
taqobbal minna. Dari jamarat, berombongan
kami berjalan menuju masjidil harom, tanpa petunjuk arah yang pasti, hanya
mengikuti arus. Berjalan dan terus
berjalan, melangkah dalam kondisi lapar dan lelah. Dari terowongan yg satu menuju terowongan yg lain,
bareng dengan banyak jamaah dari berbagai Negara. Sungguh, jika tak ada harapan
akan pahala, jika tak ada iman di dada, jika tak ada janji syurga, rasanya tak
akan kami berkeras menjalaninya. Di
google tertulis sekitar 7 sd 9 km, tapi rasa nya lebih dari itu kami
berjalan,mungkin kamal – bangkalan. Air
di sediakan di sepanjang jalan, namun tidak makanan Pun rasanya tak ingin kami
makan. Sekali kami berhenti beli teh susu
manis dan pisang mungkin sambil melepas lelah. Kadang ketika melewati jalan yang kelihatan ada taksi, ingin rasanya
naik taksi, tapi rasanya tak bijak jika naik sendiri meninggalkan yg lain dan
mungkin lebih lama sampainya, terlihat macet di mana – mana. Dan ongkos taksi kabarnya meroket hingga ratusan real.
Di terowongan terakhir, banyak bertemu jamaah yg
pulang dari sholat iedul adha, duh pasti mereka sudah selesai ifadhah dan sai
nya. Entah setelah berapa jam perjalanan,
sampe kami di pelataran masjidil harom. Melepas
hajat di hamam dan berwudlu, segera lah kami berthawaf ifadhah. Thawaf agak
sepi, padahal kubayangkan akan padat seperti ketika haji pertama dulu( kami
dulu juga ngerjakan setelah jumroh aqobah). Tidak sampai 1/2 jam, selesai lah thawaf , kami akhiri dengan sholat di
belakang maqom ibrahim dan berdoa. Lanjut
kami ber Sai, berjalan antara bukit shofa dan bukit marwah, 7 kali (sekitar 7×
700 m), dengan berdzikir semampu kami. Kaki
ini seperti tak ada rasa. Ya Rob, terima
ibadah kami, terima haji kami (Amin).
- Alhamdulillah, terimakasih ya Allah, Engkau telah mampukan
kami mengerjakannya. Jika tak ada kekuatan dari Mu,
sangsi kami mampu menjalani semua ini. Setelah
prosesi selesai, sudah terbayang segarnya air mandi di hotel dan tempat tidur
yang empuk. Tak ingin kami makan, entah
air zam – zam, air barokah cukup melepas lapar dan haus kami. Tapi itu hari jum'at, para suami eman kalau pulang, mnunggu
sholat jumat dulu. Jam : 1.30 siang,
keluar kami dari masjid beranjak hendak pulang ke hotel. Ahai, tak ada bus, yang ada taksi, itupun minta
minimal 200 real berempat, wow. Berjalan
kembali kami menuju hotel kira - kira 1 jam perjalanan.
- Kira – kira 2 jam tidur dan mandi( tanpa makan), sebelum
maghrib tiba, berangkat kami ke tenda mina untuk mabit dan lempar jumroh sampai
tanggal 13 dzulhijjah, jauh juga (hehehe) , mungkin 4 sampai dengan 5 km
berjalan. Kaki ku rupanya tak mampu berkompromi lagi, serasa
menyeret berjalan, sehingga ketika esoknya melempar jumroh ula,wustho, aqobah tanggal
11Dzulhijjah, saya tidak ikut, di wakili mas jamal. Sungguh tak puas sebenarnya, tapi apa daya, karena
perjalanan pulang pergi sekitar 6 km.
- Hari kedua, kaki ini alhamdulillah sudah pulih kembali, maka
saya pun bisa melempar sendiri. Sepanjang perjalanan menuju
jamarat, takbir menggema mengiringi perjalanan kami, beriring dengan jamaah
dari berbagai negara.
Merinding rasanya, perjalanan ruhani dan jasmani yang luar biasa. Seakan berlomba kami melempar 7 buah batu di setiap sumur nya. “Bismillahi Allohu Akbar, rajman lissyayathiini wa ridhon lirrohman. Dengan nama Allah, Allah Maha besar, kutukan bagi segala setan dan ridlo bagi Allah yang Maha Pengasih. Ya Allah , jadikan haji kami mabrur dan terimalah sa' i kami”.
Merinding rasanya, perjalanan ruhani dan jasmani yang luar biasa. Seakan berlomba kami melempar 7 buah batu di setiap sumur nya. “Bismillahi Allohu Akbar, rajman lissyayathiini wa ridhon lirrohman. Dengan nama Allah, Allah Maha besar, kutukan bagi segala setan dan ridlo bagi Allah yang Maha Pengasih. Ya Allah , jadikan haji kami mabrur dan terimalah sa' i kami”.
- Hari ketiga, kami putuskan untuk pulang langsung jamarat
menuju hotel karena jarak lebih dekat di banding jika kami kembali ke tenda
lagi. Maka tanggal 13 Dzulhijjah berangkat kami ke jamarat dengan
membawa barang – barang bawaan yg lumayan. Kondisi
tempat melempar yang agak longgar, kugunakan sepenuhnya "menikmati"
setiap batu yang akan kulempar dengan mengiringinya dengan doa. Allohumma Taqobbal Minna. Alhamdulillah selesai lengkap prosesi haji kami.
-
CATATAN :
Jenis haji:
1.
Haji tamattu,
2.
Haji ifrad,
3. Haji Qiran.
- Sungguh haji adalah ibadah harta, ibadah badan, ibadah
ruhiyah, semua berkumpul di dalam nya. Maka bagi yang mau berangkat haji,
harus betul - betul berbekal ilmu (manasik haji) dan taqwa.
- Berangkatlah haji selagi muda, usahakan betul dan minta padaNya
dengan sepenuh keyakinan agar dimudahkan untuk mendaftar. Kalau sudah sepuh,
akan sangat banyak ketidak sempurnaannya.
Ditulis di Masjid Nabawi,jum'at 1 Muharrom 1439 H.
2 hari sebelum meninggalka 2 kota suci Makkah dan Madinah
Selesai ditulis
Madinah, Arab Saudi : 21
September 2017 M
01
Muharrom 1439 H
Keutamaan haji banyak
sekali yang disebutkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Berikut beberapa di
antaranya :
1.
Akan
mendapatkan banyak manfaat dan pelajaran selama menunaikan iabadah haji.
Allah berfirman :
وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ
رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ(27) لِيَشْهَدُوا
مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَىٰ
مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۖ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ
الْفَقِيرَ (28)
Dan
berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang
kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari
segenap penjuru yang jauh, (27) supaya mereka menyaksikan berbagai
manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah
ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang
ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah
untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.(28).(QS. Al Haj :
27-28).
2.
Jama’ah
haji dan umroh adalah tamu agungnya Allah, akan diberi apa yang ia minta.
Dari Ibnu ‘Umar, dari
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :
الْغَازِى فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَالْحَاجُّ
وَالْمُعْتَمِرُ وَفْدُ اللَّهِ دَعَاهُمْ فَأَجَابُوهُ وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ
“Orang yang berperang di jalan
Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah
memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka
meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no
2893. hasan).
3.
Haji termasuk jihad fii sabilillah (jihad di jalan
Allah) bagi wanita.
Dari ‘Aisyah—ummul Mukminin—radhiyallahu ‘anha, ia berkata:
Dari ‘Aisyah—ummul Mukminin—radhiyallahu ‘anha, ia berkata:
يَا رَسُولَ اللَّهِ ، نَرَى الْجِهَادَ أَفْضَلَ الْعَمَلِ ،
أَفَلاَ نُجَاهِدُ قَالَ « لاَ ، لَكِنَّ أَفْضَلَ الْجِهَادِ حَجٌّ مَبْرُورٌ »
“Wahai Rasulullah, kami
memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. Apakah berarti kami
harus berjihad?” “Tidak. Jihad yang paling utama adalah haji mabrur”, jawab
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1520).
4.
Haji termasuk amalan yang paling utama.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata :
سُئِلَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – أَىُّ الأَعْمَالِ
أَفْضَلُ قَالَ « إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ » . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ «
جِهَادٌ فِى سَبِيلِ اللَّهِ » . قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ » حَجٌّ
مَبْرُورٌ«
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa
sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi,
“Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di
jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”,
jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1519).
5.
Pahala
dari haji adalah surga.
Dari Abu Hurairah,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ
إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Dan haji mabrur tidak ada
balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773
dan Muslim no. 1349).
6. Haji akan menghapuskan
kesalahaan dan dosa-dosa
Dari Abu
Hurairah, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda :
مَنْ حَجَّ لِلَّهِ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ
كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ
“Siapa yang berhaji ke Ka’bah
lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke
negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR.Bukhari 1521).
7.
Haji akan menghilangkan kefakiran dan dosa.
Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ
فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ
الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ
وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ
إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Ikutkanlah umrah kepada haji,
karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran
menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi
haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi
no. 810, Ahmad 1/387)
8. Mendapatkan kesempatan fadillah
satu kali umroh dengan sholat di Masjid Quba.
Shalat di masjid Quba memiliki
keutamaan. Menurut Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin
Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa
bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di
dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi
no. 298. Ibnu Majah no. 1401).
9. Berkesempatan luas
menikmati barokahnya air zam-zam.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِي
اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ : خَيْرُ مَاءٍ عَلىَ وَجْهِ اْلأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ، فِيْهِ طَعَامٌ
مِنَ الطُّعْمِ، وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ. أخرجه الطبراني في الكبير،
Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhuma ia berkata :
Rasulullahshallallahu
alaihi wasallam bersabda :
“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam, air itu mengenyangkan
peminumnya sebagaimana makanan mengenyangkan orang yang makan, dan terdapat
obat dari penyakit.”[HR. Thobaroni, sohih].
10. Setiap langkahnya adalah
kebaikan
Ubadah bin Shamit radhiyallahu‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullahshallallahu
‘alaihi wasallam bersabda :
إنَّ لكَ مِن الأَجرِ إِذَا
أَمَّمْتَ البيتَ العتيقَ أَنْ لاَ تَرفعَ قدماً وَلاَ تضعَهَا أنتَ ودابتُكَ
إِلاَّ كُتِبَت لكَ حسنةٌ ورُفِعَتْ لكَ درجةٌ
Artinya: “Sesungguhnya pahala yang kamu miliki, jika berjalan menuju Rumah
Suci (Ka’bah) adalah tidaklah kamu dan hewan tungganganmu mengangkat telapak
kaki atau meletakkannya, melainkan dituliskan bagimu 1 kebaikan dan diangkatkan
bagimu 1 derajat”. (HR. Ath Thabarani,hadits
hasan).
BAB II
MENGHAYATI HAKIKAT MANASIK HAJI
Berikut ini akan kami
kemukakan hakikat mengenai makna dari ritual manasik haji :
Perjalanan Haji bukanlah suatu perjalanan piknik untuk sebuah kepuasan duniawi semata. Justru kepuasan duniawi terkorbankan dalam rangka mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi(pahala).
Jamaah haji adalah musafir atau perantaun dinegeri orang
yang tidak mengenal sana-sini. Pergi menuju tanah suci dengan hanya berbekal
barang kebutuhan seadanya. Sedang di tanah air masing-masing mereka memiliki
keluarga, rumah, kendaraan, kebun, ladang dan sebagainya yang dapat mereka
banggakan dan nikmati sewaktu-waktu. Tetapi, ketika pergi haji, semua itu
mereka tinggalkan. Mereka pergi dengan hanya berbekal beberapa helai pakaian
dan keperluan tertentu dan terbatas.
Safar haji adalah safar jarak jauh yang sangat melelahkan.
Membutuhkan banyak tenaga atau energy. Menghabiskan waktu berbulan-bulan
lamanya. Dan pastinya sangat riskan akan terjadi suatu petaka yang tidak ia
inginkan datang dengan tiba-tiba. Baik itu berupa kecelakaan, kematian,
kehilangan dan lain sebagainya.
Dalam keadan seperti ini sepatutnya manusia menyadari
kelemahanya, dan hendaknya membuang jauh-jauh sifat congkak dan angkuhnya.
Terbukti dia tidak berdaya ketika berada di tempat dan situasi yang baru dengan
perbekalan yang ala kadarnya.
Ini adalah gambaran kecil bahwa ketika meninggalkan alam ini
(mati), manusia akan memulai perjalanan jauh dan lebih melelahkan. Dalam
perjalanan yang super jauh dan sangat melelahkan ini nanti, dia tidak membawa perbekalan
materi apapun. Sanak saudara ia tinggalkan. Harta benda menjadi milik ahli warisnya.
Hanya iman dan amal yang menjadi satu-satunya bekal dalam menghadapi perjalanan
panjang di di akhirat dengan segala rintanganya ini. Bila bekalnya cukup maka
beruntunglah ia. Sebaliknya bila bekalnya kurang maka bisa dipastikan akan
sengsara selamanya disana. Wal iyyad billah.
Pakaian ihrom telah menuntun manusia untuk mengubur jauh-jauh pandangan yang melandaskan keunggulan karena kelas, status, kedudukan, dan ras. Pakaian adalah bagian yang menjadi pusat perhatian manusia. Sebagian orang melihat kedudukan manusia dari bagaimana orang itu berpenampilan atau berpakaian. Orang yang sedang melakukan ihrom memakai jenis pakaian yang sama. Tak melihat ras, suku, tahta dan kebangsaanya, mereka hanya diharuskan untuk memakai dua helai kain putih yang tidak berjahit dan tidak berhias.
Dua helai kain ptih yang tidak terjahit melambangkan
kematian. Manusia ketika telah mati, hanya dibebungkus dengan beberapa helai
kain kafan yang berwarna putih. Presisi dengan apa yang di kenakan oleh orang
yang sedang ihrom. Prosesi ihrom ini, mengingatkan manusia bahwa suatu saat
nanti dia akan mengalami keadaan yang hanya dibungkus kain putih polos yang tak
berjahit, yakni kematian. Dengan begitu diharapkan dia sadar dan kembali kepada
fitrah manusia yang berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah.
Keadaan setengah telanjang(bagi laki-laki) dalam ihrom
melambangkan bahwa manusia itu sejatinya tidak punya apa-apa. Dia lahir kedunia
telanjang bulat tak membawa sedikitpun dari materi dunia. Dan keadaaan seperti
itu akan trerulang kemabli nanti ketika ia sudah berpulang kepada Allah yang
diistilahkan dengan kematian. Ketika manusai telah mati, dimsukkan ke liang
lahat, tak sedikitpun harta yang dibawa. Harta dunia yang selama ini ia
kumpulkan dengan susah payah kini hanya tersisakan kenangan dan penyesalan
belaka. Sebab hakikat dari kehidupan ini adalah titipan sementara dari sang
kholiq.
Keutamaan berihrom :
-
Pakaian ihrom putih adalah paling
bagusnya pakaian.
الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمْ الْبَيَاضَ
فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ
“Pakailah
pakaian putih karena pakaian seperti itu lebih bersih dan lebih baik. Dan
kafanilah pula mayit dengan kain putih”. (HR. An Nasai no. 5324, shahih).
-
Kain putih adalah pakaian yang disuakai Nabi SAW.
Dalam riwayat Muslim disebutkan, Abu
Dzar berkata :
أَتَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم-
وَهُوَ نَائِمٌ عَلَيْهِ ثَوْبٌ أَبْيَضُ
“Aku pernah mendatangi Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau dalam keadaan tidur dan ketika itu
mengenakan baju putih.” (HR. Muslim no. 94).
-
Putih itu
bersih dan suci
As Sindi mengatakan :
لِأَنَّهُ يَظْهَر فِيهَا مِنْ
الْوَسَخ مَا لَا يَظْهَر فِي غَيْرهَا فَيُزَال وَكَذَا يُبَالَغ فِي تَنْظِيفهَا
مَا لَا يُبَالَغ فِي غَيْرهَ وَلِذَا قَالَ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِنَّهَا أَطْهَر وَأَطْيَب
“Karena pakaian putih sangat jelas bila
terdapat kotoran yang hal ini tidak tampak pada pakaian warna lainnya. Begitu
pula pencuciannya lebih diperhatikan daripada pencucian dalam pakaian lainnya.
Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai menyebut pakain putih sebagai
pakaian yang lebih bersih dan lebih baik”.
[Hasyiyah As Sindi lil sohihil bukhori].
Fadilah Dari Mengucapkan Talbiyah.
Talbiyah ialah
kalimat yang dibaca oleh orang yang sedang ihrom. Bacaan yang dimaksud ialah :
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ،
لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ
وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ.
“Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi
panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, tiada sekutu bagi-Mu, aku
penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan hanyalah
kepunyaan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu”.
( HR. Muslim ).
Diantara keutamaan mengucapkan talbiyah
adalah :
Ø Talbiyah membuahkan surga
Dari Abu
Hurairah r.a bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “ Tidaklah seorang
mengucapkan talbiyah atau mengucapkan takbir, melainkan akan dijanjikan dengan
kebaikan.” Rasulullah ditanya,” Wahai Rasulullah, apakah dijanjikan dengan
surga?” Beliau menjawab,” Ya.” ( Mu’jam Ausath no. 7779, -Hadits Hasan)
Ø Talbiyah membawa rahmat
untuk alam sekitar.
Dan diriwayatkan dari
Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi
wassallam bersabda, “Tidaklah seorang
Muslim bertalbiah, melainkan akan turut bertalbiah siapa saja yang ada di kanan
dan kirinya, mulai batu, pohon dan tanah liat, sehingga bumi itu terputus dari
arah sini dan arah sini”. (HR Tirmidzi Dan Ibnu
Majah).
Ø Penyempurna
ibadah haji.
Dari Abu Bakr
ash Shiddiq bahwa Nabi SAW ditanya,” Haji apa yang paling mulia?” Beliau
menjawab,” Mengangkat suara pada saat talbiyah dan menyembelih hewan.” (HR
At-Tirmidzi No. 827 )
Thowaf merupakan kegiatan ibadah mengelilingi Kabah. Di
hadapan Ka'bah yang berbentuk kubus ini, para pelaku thowaf akan merenungkan
keunikan Ka'bah yang menghadap ke segala arah, yang melambangkan universalitas
dan kemutlakan Allah. Jelasnya, dengan melihat ka’bah ini manusia akan
teringatkan pada kekuasaan Allah yang tak terbatas yang menyelimuti keseluruh
alam.
Melihat bagunan ka’bah yang kokoh mengingatkan sejarah
kesabaran dan keihklasan Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail yang berjuang membangun
baitullah ka’bah ini. Ditengah gurun pasir yang tandus jauh dari material bangunan, keduanya
bersusah payah membangunnya. Dengan kegigihanya dan ke ikhlasan keduanya,
dibelakang hari bangunan kubus ini menjadi situs dunia dan menjadi kiblat
manusia dari seluruh penjuru dunia. Bahkan manusia mau mengorbankan tenaga, harta
dan waktunya demi mendatangi ka’bah untuk thoaf disekililingnya. Subhanllah.
Ritual thowaf mengingatkan manusia untuk selalu
berkomunikasi dengan Allah. Manusia kalau ingin selamat jangan jauh-jauh dari
kisaran wilayah Allah. Kalu sedikit saja keluar dari kisaran ini maka akan
celaka dia. Tegasanya, manusia dalam menjalani hidup ini tidak boleh lepas dari
aturan dan syariat Allah. Dan hendaknya selalu ingat atau berharap kepada Allah
dalam setiap keadaan.
Berdesak-desaknya waktu thowaf mengingatkan manusia akan fastabiqul
khoirot. Yakni untuk menjadi manusai sholih yang di cintai Allah maka
hendaknya dia bergegas melakuakan segala amal kebaikan supaya menjadi juara
disisi Allah. Sama halnya ketika thowaf, semua orang berlomba-lomba untuk bisa
juara dengan bersentuhan ka’bah dan bisa mencium hajar aswad yang mulia.
Namun dilain sisi, dalam kondisi berdesak-desakan seperti
ini, manusia diajari untuk saling itsar(mempedulikan kebutuhan orang
lain). Disinilah letak dimana kesabran manusia benar-benar diuji.
Apa yang terjadi pada saat thawaf, ribuan
orang saling berhimpit untuk mencari kesempurnaan ibadah. Bahkan krabat atau
sodara yang awalnya berjalan bersamaan akan saling terpisah dari rombongan
karena sebab arus perputaran thowaf yang begitu deras. Hal ini adalah gambaran
kecil daripada keadaan yang akan ditempuh ketika berada di akhirat nanti. Pada
saat itu, manusia tidak dapat bergantung kepada orang lain. Semua manusia
akan berjalan dan mempertanggung
jawabkan amalanya sendiri-sendiri. Hanya amal dan pertolongan dari Allah dan
syafaat Rasulullah SAW yang dapat membantu mereka dari payahnya hari akhirat.
Keutamaan Thowaf :
Ø
Berkesempatan berdo’a di antara Hajar Aswad dan Rukun Yamani.
Dari ‘Abdullah bin As
Saaib, ia berkata :
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ مَا بَيْنَ
الرُّكْنَيْنِ (رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Aku
pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di antara dua
rukun: Robbanaa aatina fid dunya hasanah wa fil aakhirooti hasanah, wa qinaa
‘adzaban naar (Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan
di akhirat, serta selamatkanlah kami dari adzab neraka) ”.
(HR. Abu Daud no. 1892,shahih).
Ø Al Imam An Nawawi rahimahullah
menjelaskan:
Ketahuilah bahwa Ka’bah itu memiliki empat rukun. Pertama
adalah rukun Hajar Aswad. Kedua adalah rukun Yamani. Rukun Hajar Aswad dan
rukun Yamani disebut dengan Yamaniyaani. Adapun dua rukun yang lain disebut dengan Syamiyyaani. Rukun Hajar Aswad
memiliki dua keutamaan, yaitu:
1. Di sana adalah letak qowa’id (pondasi) Ibrahim ‘alaihis salam, dan
2. Di sana terdapat Hajar Aswad.
Sedangkan rukun Yamani memiliki satu keutamaan saja yaitu
karena di sana adalah letak qowa’id (pondasi) Ibrahim. Sedangkan di rukun yang
lainnya tidak ada salah satu dari dua keutamaan tadi. Oleh karena itu, Hajar
Aswad dikhususkan dua hal, yaitu mengusap dan menciumnya karena rukun tersebut
memiliki dua keutamaan tadi. Sedangkan rukun Yamani disyariatkan untuk
mengusapnya dan tidak menciumnya karena rukun tersebut hanya memiliki satu
keutamaan. Sedangkan rukun yang lainnya tidak dicium dan tidak diusap. (Al
Minhaj Syarh Shahih Muslim, Yahya bin Syarf An Nawawi, 1392, 9/14).
Ø Berkesempatan mendapatkan pahala yang
berlipat ganda ketika sholat dimasjid al haram.
Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam bersabda :
صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ
أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى
الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ
“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi)
lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.
Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya”.
(HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir
bin ‘Abdillah, hadits sohih).
Ø Menggugurkan dosa dan medapatkan pahala
memerdekakan budak
عَنِ ابْنِ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ
أَبِيهِ : أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يُزَاحِمُ عَلَى الرُّكْنَيْنِ، فَقُلْتُ :
يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، إِنَّكَ تُزَاحِمُ عَلَى الرُّكْنَيْنِ زِحَامًا
مَا رَأَيْتُ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يُزَاحِمُ عَلَيْهِ. فَقَالَ : إِنْ أَفْعَلْ، فَإِنِّي سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : إِنَّ مَسْحَهُمَا
كَفَّارَةٌ لِلْخَطَايَا.
وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ : مَنْ طَافَ
بِهَذَا الْبَيْتِ أُسْبُوعًا فَأَحْصَاهُ كَانَ كَعِتْقِ رَقَبَةٍ.وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ
: لاَ يَضَعُ قَدَمًا وَلاَ يَرْفَعُ أُخْرَى، إِلاَّ حَطَّ اللَّهُ عَنْهُ
خَطِيئَةً، وَكُتِبَتْ لَهُ بِهَا حَسَنَةٌ.أخرجه الترمذي .
Dari Ibnu Ubaid bin Umair dari ayahnya
:
Bahwasanya Ibnu Umar berdesak-desakkan
untuk mencapai dua rukun (Hajar Aswad dan Rukun Yamani), lalu aku bertanya :
“Wahai Abu Abdirrahman (Ibnu Umar), engkau berdesak-desakkan saat penuh sesak
agar dapat mencapai dua rukun, satu sikap yang tidak pernah seorangpun dari
kalangan sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam melakukannya ?
kemudian ia menjawab : “jika aku
melakukan hal ini aku tidak akan sakit, karena aku mendengar Rasulullah shallahualaihi
wasallam bersabda: “Sesungguhnya menyentuh
keduanya akan menghapuskan dosa-dosa”.
Dan saya mendengar Nabi shallahualaihiwasallam bersabda :
“Barangsiapa thawaf di Ka’bah tujuh kali dan menyempurnakannya (tidak lebih
atau kurang), maka pahalanya adalah seperti membebaskan budak”.
Dan saya mendengar Nabi shallallahu
alaihi wasallam bersabda : “Tidakklah
seseorang yang tawaf meletakkan salah satu kakinya, dan melangkahkan yang
lainnya melainkan Allah akan hapus kesalahannya dengannya, dan dituliskan
baginya kebaikan.[HR Tirmidzi, sohih].
Ø Menyentuh dua rukun akan
mengahapus dosa – dosa.
عَنْ ابْنِ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يُزَاحِمُ عَلَى الرُّكْنَيْنِ زِحَامًا مَا رَأَيْتُ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُهُ، فَقُلْتُ: يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، إِنَّكَ تُزَاحِمُ عَلَى الرُّكْنَيْنِ زِحَامًا مَا رَأَيْتُ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُزَاحِمُ عَلَيْهِ، فَقَالَ: إِنْ أَفْعَلْ، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «إِنَّ مَسْحَهُمَا كَفَّارَةٌ لِلْخَطَايَا» وَسَمِعْتُهُ، يَقُولُ: «مَنْ طَافَ بِهَذَا البَيْتِ أُسْبُوعًا فَأَحْصَاهُ كَانَ كَعِتْقِ رَقَبَةٍ» وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: «لَا يَضَعُ قَدَمًا وَلَا يَرْفَعُ أُخْرَى إِلَّا حَطَّ اللَّهُ عَنْهُ خَطِيئَةً وَكَتَبَ لَهُ بِهَا حَسَنَةً»
Dari Ibnu Ubaid bin Umair dari ayahnya : Bahwasanya Ibnu Umar berdesak-desakkan untuk mencapai dua rukun (Hajar Aswad dan Rukun Yamani), yang hal itu sepengetahuanku tidak dilakukan oleh shabat Nabi yang lain. lalu aku bertanya : “Wahai Abu Abdirrahman (Ibnu Umar), engkau berdesak-desakkan saat penuh sesak agar dapat mencapai dua rukun, satu sikap yang tidak pernah seorangpun dari kalangan sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam melakukannya ? kemudian ia menjawab : “Aku tidak layak dicela karena ini, karena aku mendengar Rasulullah shallahualaihiwasallam bersabda : “Sesungguhnya menyentuh keduanya akan menghapuskan dosa-dosa”.
Saya mendengar Nabi shallahualaihiwasallam
bersabda : “Barangsiapa thawaf di Ka’bah tujuh kali dan menyempurnakannya
(memperhatikan syarat dan adabnya), maka pahalanya adalah seperti membebaskan
budak”. Dan saya mendengar Nabi shallallahu alaihi wasallam
bersabda : “Tidakklah seseorang yang tawaf meletakkan salah satu kakinya, dan
melangkahkan yang lainnya melainkan Allah akan hapus kesalahannya dengannya,
dan dituliskan baginya kebaikan. [HR. Tirmidzi No.959. sohih].
Ø Dihapus sepuluh dosa dan
diangkat sepuluh drajat
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ مَنْ طَافَ بِاْلبَيْتِ سَبْعاً وَ لاَ يَتَكَلَّمُ اِلاَّ بِسُبْحَانَ اللهِ وَ اْلحَمْدُ ِللهِ وَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ، مُحِيَتْ عَنْهُ عَشْرُ سَيّئَاتٍ، وَ كُتِبَ لَهُ عَشْرُ حَسَنَاتٍ، وَ رُفِعَ لَهُ بِهَا عَشَرَةُ دَرَجَاتٍ. ابن ماجه 2: 985، رقم: 2957
Dari Abu Hurairah,
bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa thawaf tujuh
kali di Baitullah dan tidak berkata-kata melainkan ucapan “Subhaanallooh,
walhamdu lillaah, wa laa ilaaha illallooh, walloohu akbar, wa laa haula walaa
quwwata illaa billaah” (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan
selain Allah, Allah Maha Besar, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari
Allah), maka akan dihapus sepuluh dosanya dan dicatat untuknya sepuluh kebaikan
serta diangkat untuknya sepuluh derajat. [HR. Ibnu Majah juz 2,no. 2957, dla’if,
karena dalam sanadnya ada perawi bernama Humaid bin Abu Sawiyyah].
Berbicara sa'I, dilambangkan dengan kegigihan dan keperkasaan manusia dalam menempuh perjuangan hidup. Sa’i yang merupakan ritual ibadah yang meneladani jejak peristiwa Siti Hajar yang mencari air berlarian dari Bukit Shafa menuju bukit Marwa, merupakan lambang figur manusia yang berjuang tanpa kenal putus asa.
Begitu juga seharusnya manusia dalam mengarungi kehidupan
ini hendaknya tetap selalu kokoh dan sabar, pantang menyerah, sebagaimana yang
telah dicontohkan ibunda Siti Hajar dalam mencari air kehidupan.
Siti Hajar, beliau adalah seorang ibu dari bayi bernama
Ismail. Ditinggal sendirian oleh suaminya (Nabi Ibrahim) ditengah gurun pasir
yang tandus tak berpenduduk. Tak ada sedikitpun suplai makanan dan minuman.
Mondar-mandir dari terjalnya sofa menuju ke ketinggian marwa, tak kunjung jua
ia mendapatkan setetes nikmat ilahai yang tercecer di sekitar mereka. Namun
dengan kesabaran dan keyakinanya, ia mendapatkan anugrah abadi yang yang luar
biasa yang berupa sumber zam-zam hingga saaat ini dapat kita nikmati keberkahan
airnya.
Pelajaran dari sejarah ini. Seorang wanita muslimah
hendaknya meneladani Sayyidah Hajar. Menjadi wanita tangguh dan ikhlas dalam setiap
cobaan hidup. Wanita yang pantang menyerah dalam mengurusi anak-anaknya. Wanita
yang taat kepada tuhanya dan taat kepada suaminya.
Keutamaan Sa’i
- Sa’I merupakan Wasilah
untuk mengingat kekuasaan Allah, Nabi
Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam, bersabda
: “ Sesungguhnya dijadikannya pelemparan jumrah dan sa’i di
antara Shafa dan Marwah ialah buat mendirikan dzikrullah ” (HR Tirmidzi).
- Seperti memerdekakan 70
budak, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, ia
berkata bahwa Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda kepada orang-orang Anshar dan bertanya
tentang pahala sa’i antara Shafa dan Marwah, “ Adapun sa’imu antara Shafa dan Marwah ialah seperti membebaskan 70 budak ”. (HR Bazzar dan Thabrani).
Selanjutnya, setiap calon haji diharuskan untuk
berwuquf di Arofah. Arofah merupakan sebuah padang yang luas. Di tempat
ini manusia singgah sebentar (wukuf). Lalu bermalam (mabit) di Muzdalifah dan
tinggal di Mina.
Wuquf diarofah
melambangkan padang mahsyar. Pdang mahsyar adalah tanah lapang yang sangat
terik dan bersuhu sangat panas, sebab matahari didekatkan tepat diatas kepala
sedang alasnya adalah tembaga yang snagat mudah menyerap panas. Ditempat
seperti inilah nantinya manusia kelak
akan dikumpulkan. Manusia pertama (Nabi Adam) sampai manusia paling akhir
menempati dunia ini, semua akan bersatu padu berkumpul untuk menanti
mahkamahnya Allah SWT.
Presisi keadan di ‘rofah. Jutaan manusia dari seluruh penjuru
dunia bersatu padu untuk ibadah wuquf. Tidak peduli asal usulnya dia. Tidak
peduli dari ras, suku atau bangsa manapun ia berasal. Tidak peduli jabatan dan
kedudukanya. Semua berpadu dalam satu tempat yang panas yang beralaskan pasir
ini.
Oleh sebab itu jamaah haji ketika wuquf diarofah dihasung
untuk focus beribadah sebanyak-banyaknya dan melupakan semua urusan dunia,
untuk menyiapkan diri ketika nanti benar-benar masuk di padang mahsyar yang
sesungguhnya.
Keutamaan Wukuf
Ø Inti dari ibadah haji ada
pada wukuf
Nabi Muhammad
Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya oleh sekelompok orang dari Nejed tentang
haji, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :
الْحَجُّ عَرَفَةُ
“Haji itu adalah Arafah”.
[HR. at-Tirmidzi no. 889, an-Nasâ’i no. 3016
dan Ibnu Mâjah no. 3015, sohih].
Ø Padang ‘arofah merupakan
tempat paling istimewa, oleh karenya jangan salah singgah waktu berwukuf.
Jubair bin Muth’im
Radhiyallahu anhu meriwayatkan dari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
كُلُّ عَرَفَاتٍ مَوْقِفٌ وَارْفَعُوا عَنْ بَطْنِ
عُرَنَةَ
“Seluruh Arafah adalah tempat wukuf,
dan jauhilah tengah lembah ‘Uranah” . [HR. Ahmad
no. 16.797,sohih].
Ø Peluang besar untuk lari
dari ancaman neraka
Aisyah
Radhiyallahu anhuma meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda :
مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ
فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ،
“Tidak ada hari di mana Allâh Azza wa
Jalla membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah,” .
[HR. Muslim no. 1348].
Ø Waktu Mustajab untuk
berdo’a
Abdullah bin
Amr Radhiyallahu anhu meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
خَيْرُ الدُّعاءِ دُعاءُ
يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَناَ وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ لاَ
إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ
وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
“Sebaik-baik doa adalah doa hari
Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah
La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala
kulli syaiin qadir”.
[HR. at-Tirmidzi no. 3585, sohih].
Ø Manusia menang dari musuh
bebuyutanya (setan)
Nabi Shallallahu ‘alaihi
wa sallam menerangkan dalam hadits berikut :
مَا رُئِيَ الشَّيْطَانُ
يَوْمًا هُوَ فِيهِ أَصْغَرُ وَلاَ أَدْحَرُ وَلاَ أَحْقَرُ وَلاَ أَغْيَظُ مِنْهُ
فِي يَوْمِ عَرَفَةَ وَمَا ذَاكَ إِلاَّ لِمَا رَأَى مِنْ تَنَزُّلِ الرَّحْمَةِ
وَتَجَاوُزِ اللَّهِ عَنْ الذُّنُوبِ الْعِظَامِ إِلَّا مَا أُرِيَ يَوْمَ بَدْرٍ
“Tidaklah setan pernah terlihat lebih
kerdil, terjauhkan, hina dan marah daripada saat hari Arafah, dan itu tidak
lain karena ia melihat turunnya rahmat dan pengampunan Allâh atas dosa-dosa
besar, kecuali apa yang ia lihat saat Perang Badar”.
[Al-Muwatha’ no. 944 dengan sanad yang lemah].
Ø Allah bangga dengan orang yang sedang
wukuf di arofah.
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia
berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ
يُبَاهِى مَلاَئِكَتَهُ عَشِيَّةَ عَرَفَةَ بِأَهْلِ عَرَفَةَ فَيَقُولُ انْظُرُوا
إِلَى عِبَادِى أَتَوْنِى شُعْثاً غُبْراً
“Sesungguhnya
Allah berbangga kepada para malaikat-Nya pada sore Arafah dengan orang-orang di
Arafah, dan berkata: “Lihatlah keadaan hambaku, mereka mendatangiku dalam
keadaan kusut dan berdebu”.
[HR.
Ahmad 2: 224. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanadnya tidaklah
mengapa].
Ø Menghapuskan
dosa meskipun sebanyak butiran pasir atau rintikan hujan atau buih di lautan.
وأَماَّ وقوفُكَ عَشِيَّةَ عرفةَ فإنََّ اللهَ يَهبِطُ إلىَ سماءِ
الدنيا فَيُبَاهِي بِكُمُ الملائكةَ يَقولُ عِبادِي جَاؤُوْنِي شَعِثاً مِنْ كُلِّ
فَجٍّ عَميقٍ يَرجُونَ جَنَّتيِ فَلَو كانتْ ذنوبُكُمْ كَعَددِ الرَّملِ أوْ
كَقَطرِ المطرِ أوْ كَزَبَدِ البَحرِ لَغَفَرْتُهاَ أَفِيضُوا عِبادي مغفوراً
لَكُمْ ولِمَنْ شَفَعْتُمْ لَهُ
“Adapun
wukufmu di Arafah, maka sesungguhnya Allah akan turun ke langit dunia, lalu
membanggakan kalian di depan para malaikatnya, seray berfirman: “Hamba-hamba-Ku
telah mendatangi-Ku dalam keadaan lusuh, dari setiap penjuru, mereka berharap
surga-Ku, meskipun dosa-dosa kalian sebanyak butiran pasir atau rintikan hujan
atau buih di lautan, sungguh Aku telah mengampuninya, kembalilah kalian wahai
para hamba-Ku dalam keadaan sudah diampuni dosa-dosa kalian dan bagi siapa saja
yang telah kalian mintakan syafaat untuknya”.
[HR. Ibnu Hibban dan Ath
Thabrany di dalam kitab Al Mu’jam Al Awsath Hadits Hasan].
Sedangkan malamnya setelah wukuf jamaagh haji bermalam di mudzdalifah. Suasana
malam dimudzdalifah melambangkan tahap kesadaran diri dengan lebih banyak
melakukan konsentrasi di keheningan malam. Memperbanyak muhasabah diri,
menagisi semua dosa-dosa yang pernah dikerjakan dan minta ampun kepada Alalh.
Selanjutnya, dikegelapan malam muzdalifah ini melambangkan
kehidupan alam kubur. Ketika manusia telah memasuki alam barzakh atau alam
kubur, dia akan merasakan kegelapan dan kesunyian. Dialam kubur dia sendirian,
tidak ada satu manusiapun yang sudi menemani dirinya. Dia hidup dalam beratnya himpitan
bumi. Keadaan ini akan terus berlanjut sampai purnanya alam dunia ini(kiamat).
Kemudian di Mina, jamaah melempar Jumrah. Ini merupakan
lambang perlawanan manusia melawan nafsu amarah.
Dulu ketika nabi Ibrohim melakukan ibdah haji, setan
menganggu berjalanya ibadah beliau. Kemudian setan itu dilempari oleh Nabi
Ibrahim dengan tujuh kerikil tepat dimana sekrang jumroh berada.
Mungkin sekarang setan tidak nyata terikat dijumroh
tersebut. akan tetapi setiap orang haji wajib melempar jumroh ini. Hal ini
hanya sekedar simbolis bahwa seharusnya kita memusuhi setan yang terkutuk dan
segala jenis rayuan-rayuanya.
Demikianlah makna ritualitas haji yang penuh dengan simbol
kejuangan hidup manusia.
Keutamaan Lempar Jumroh :
Ø Lempar
Jumroh bagaikan melempar setan
عن ابن عباس رضي الله عنهما رفعه إلى النبي ‘ قال :” لما أتى إبراهيم خليل الله المناسك عرض له الشيطان عند جمرة العقبة فرماه بسبع حصيات حتى ساخ في الأرض ، ثم عرض له عند الجمرة الثانية فرماه بسبع حصيات حتى ساخ في الأرض ، ثم عرض له عند الجمرة الثالثة فرماه بسبع حصيات حتى ساخ في الأرض ” قال ابن عباس : الشيطان ترجمون ، وملة أبيكم إبراهيم تتبعون
Dari Ibnu Abbas radhiyallallahu’anhuma, beliau menisbatkan pernyataan ini
kepada Nabi, “Ketika
Ibrahim kekasih Allah melakukan ibadah haji, tiba-tiba Iblis menampakkan diri
di hadapan beliau di jumrah’Aqobah. Lalu Ibrahim melempari setan itu dengan
tujuh kerikil, hingga iblis itupun masuk ke tanah . Iblis itu menampakkan
dirinya kembali di jumrah yang kedua. Lalu Ibrahim melempari setan itu kembali
dengan tujuh kerikil, hingga iblis itupun masuk ke tanah. Kemudian Iblis
menampakkan dirinya kembali di jumrah ketiga. Lalu Ibrahim pun melempari setan
itu dengan tujuh kerikil, hingga iblis itu masuk ke tanah“.
Ibnu Abbas kemudian mengatakan: “Kalian merajam setan, bersamaan dengan itu (dengan melempar jumrah)
kalian mengikuti agama ayah kalian Ibrahim“.(Ibnu Khuzaimah dan Al-Hakim, sanad sohih).
Ø
Sekali lemparan Jumrah
menghapuskan dosa.
Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
وأمَّا رميُكَ الجِمارَ؛ فَلَكَ
بِكُلِّ حَصَاةٍ رَمَيْتَهاَ تَكْفِيْرُ كَبِيْرَةٍ مِنَ المُوبِقاتِ
Artinya: “Adapun lemparan jumrahmu, maka setiap batu yang kamu lemparkan
merupakan penebus sebuah dosa besar yang membinasakan”.
[HR. Ibnu Hibban, Hadits Hasan].
Tahallul adalah mencukur rambut. Hal ini
dilakukan sebagai simbol untuk melepaskan diri dari segala larangan ihram.
Bercukur mengandung makna membersihkan diri dari semua hal yang kotor,
membersihkan pikiran, perbuatan yang bermuatan dosa. Bercukur melambangkan
membuang hal-hal yang buruk menjadi hal-hal yang baik.
Dengan mencukur rambut hingga pelontos diharapakan maksiat-maksiat
yang bersumber dari kepala (otak) bisa dihilang bersama rambut yang dibuang. Rambut
adalah simbol dari mahkota seorang insan. Rambut adalah perhiasan seseorang dan
menjadi lambang kegagahan dan ketampanan. Bertahallul yaitu mencukur rambut
adalah simbol dari meletakkan mahkota seseorang. Artinya, orang tersebut
menanggalkan kesombongan yang menjadikan seseorang tinggi hati dari orang lain.
Keutamaan
Tahalul :
Ø Orang yang gundul plontos mendapatkan tiga
kali lipat dari doa Nabi SAW diabanding orang yang hanya potong pendek.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan :
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا :
يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ
لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ :
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ
؟ قَالَ : وَالْمُقَصِّرِينَ
“Ya
Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat berkata, “Wahai
Rasulullah, bagaimana kalau cuma sekedar memendekkan?” Beliau masih bersabda,
“Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat balik
bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar memendekkan?” Beliau masih
bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat
kembali bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar memendekkan?” Baru
beliau menjawab, “Dan juga bagi yang memendekkan”.
(HR. Bukhari dan
Muslim).
1. Maksimalkan ibadah dan bertobat.
Pada hakikatnya, haji
adalah proses evolusi manusia menuju Allah. Ibadah haji merupakan proses untuk
muhasabah diri. Dan ibadah haji adalah proses peleburan dosa. Oleh sebab itu
hendaknya maksimal dalam menjalankan ibadah ini.
2. Menyadari betul akan hakikat ibadah haji.
Jika
semua rahasia dan hikmah ini disadari, maka apa pun yang dihadapi ketika berada
di Tanah Suci akan dilalui dengan sabar dan ikhlas, seraya memohon ampunan dan
perlindungan dari Allah. Dan berharap agar haji yang dilaksanakan menjadi haji
mabrur.
Rosulullah SAW bersabda: "Barang
siapa yang pergi haji dan dia tidak mengeluarkan kata-kat
3. Senantiasa wawas diri dan berhati-hati,
jangan sampu terperosok pada kedosaan.
a keji serta tidak melakukan perbuatan dosa, maka akan diampunkan dosa-dosanya seperti dia baru dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari, Muslim, dari Abu Hurairah).
a keji serta tidak melakukan perbuatan dosa, maka akan diampunkan dosa-dosanya seperti dia baru dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari, Muslim, dari Abu Hurairah).
4. Doakan diri sendiri keluarga dan semua
orang, untuk keselamatan dunia akhirat.
Do’a orang yang melaksanakan ibadah haji dapat mengampunkan dosa orang yang didoakannya. Artinya, haji itu menjadi alat untuk mengampunkan dosa dan mengampunkan dosa orang lain. Hal ini dinyatakan langsung oleh Rasulullah dalam sabdanya: “Dosa orang yang menunaikan ibadah haji diampunkan Allah, dan Allah juga mengampunkan orang yang didoakan oleh orang yang menunaikan ibadah haji”. [HR. Tabrani dan Hakim].
Do’a orang yang melaksanakan ibadah haji dapat mengampunkan dosa orang yang didoakannya. Artinya, haji itu menjadi alat untuk mengampunkan dosa dan mengampunkan dosa orang lain. Hal ini dinyatakan langsung oleh Rasulullah dalam sabdanya: “Dosa orang yang menunaikan ibadah haji diampunkan Allah, dan Allah juga mengampunkan orang yang didoakan oleh orang yang menunaikan ibadah haji”. [HR. Tabrani dan Hakim].
5. Semoga para jamaah haji dapat menangkap
makna simbol-simbol tersebut dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Amiin.
----------
-----------------------
الله أعلم بالصواب
الحمد لله بعونه و رحمته
تمت كتابة هذا االكتاب
Bangkalan, 24 Agustus 2017
Ar Rojii ilaa rohmati
Robbihi wa waalidaihi,
M Khoirul AMD.
KEBERKAHAN AIR ZAM-ZAM
عَنْ جَابِر بْن عَبْدِ الله رضي الله عنه قال : سَمِعْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ :
*(( مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ
لَهُ))*
روا إبن ماجه
Dari Jabir bin Abdullah radliallahu 'anhu, ia berkata; Aku
mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
[ 'Air Zamzam
(berkhasiat) sesuai dengan niat (tujuan) diminum (oleh penggunanya]
[HR. Ibnu Maajah, 3053,
sohih].
PENJELASAN HADITS :
Ø Hadits ini
memberikan penjelasan tentang keutamaan air zam zam.
Ø Semua umat
Islam sangat mengenal apa itu Air zam-zam. Zam-Zam dari bahasa
Arab yang berarti membendung dengan tanah, maksudnya area sekitar sumber
air zam-zam itu dibendung dengan tanah supaya airnya tidak melebar kemana-mana.
Pembendungan inilah yang dijadikan nama untuk sumber air tersebut. (Faidul
Qodir Juz : 5, Hal.516 cet.DKI Bairut, Lebanon 2012).
Ø Yang
berperan membendung loberan air ini adalah ibunda siti hajar. Diceritakan:
إِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ حِيْنَ رَكَضَ زَمْزَمَ بِعَقِبِهِ جَعَلَتْ أُمُّ إِسْمَاعِيلَ تَجْمَعُ الْبَطْحَاءَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ : رَحِمَ اللهُ هَاجِراً وَأُمَّ إِسْمَاعِيْلَ لَوْ تَرَكَتْهَا كاَنَتْ عَيْنًا مَعِيْنًا. صحيح
Tatkala Jibril memukul Zam-Zam dengan tumit kakinya, Ummi Ismail segera mengumpulkan luapan air. Nabi berkata, “Semoga Allah merahmati Hajar dan Ummu Ismail. Andai ia membiarkannya, maka akan menjadi mata air yang menggenangi (seluruh permukaan tanah)”. [ Silsilah Shahihah, 4/232 ].
Ø Berdasarkan
hadits ini kita ketahui bahwa keinginan atau do’a bisa terkabulkan melalui
keberkahan minum air zam-zam. Segala jenis doa bisa terkabulkan bila
berwasilah dengan air zam zam. Sedang doa yang
pernah dibaca Ibnu ‘Abbas, ketika meminum air zam-zam, beliau berdo’a :
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً ناَفِعاً ، وَرِزْقاً وَاسِعاً وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ
“[Ya Allah, kami memohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang melimpah. dan kesembuhan dari setiap penyakit]”. Namun riwayat ini adalah riwayat yang dho’if (lemah).[ Dho’if At Targhib no. 750 ]
Ø
Keutamaan lain
dari air zam-zam:
1. mencukupi rezeki keluarganya .
عَنْ أَبِيْ الطُّفَيْلِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ,كُنَّا نُسَمِّيْهَا شَبَّاعَةً يَعْنِيْ زَمْزَمَ وَكُنَّا نَجِدُهَا نِعْمَ الْعَوْنُ عَلَى الْعِيَالِ))رواه الطبراني في الكبير((
“Dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah bersabda, ”Kami menyebut air Zam-Zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zam-Zam adalah sebaik-baik pertolongan dalam keluarga (menutup kebutuhan keluarga ” [HR. Tabrani].
2. Air zam zam sebagai kompres.
عن عائشةَ أنَّها حملَت ماءَ زمزمَ في القواريرِ وقالت حملَهُ رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ في الأَداوي والقِرَبِ فكان يصبُّ على المرضَى ويَسقيهِم
“Dari
'Aisyah bahwasanya dia membawa air zam zam didalam botol. Aisyah mengatakan
bahwa air itu dibawa oleh Rosulullah SAW dalam kantong-kantong air (yang
terbuat dari kulit). Lalu Beliau menuangkan dan membasuhkannya kepada orang
yang sedang saki”t. (At Tarikh Al Kabir 3/189).
كُنْتُ أُجَالِسُ ابْنَ عَبَّاسٍ بِمَكَّةَ فَأَخَذَتْنِيْ الحْمُىَ فَقَالَ أَبْرِدْهَا عَنْكَ بِمَاءِ زَمْزَمَ فإَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْحُمَى مِنْ فيَحْ ِجَهَنَّمَ فَأَبْرِدُوهَا بِالْمَاءِ أَوْ قاَلَ بِمَاءِ زَمْزَمَ
“Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba`i, ia berkata : “Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu ‘Abbas mengatakan,: Dinginkanlah dengan air Zam-Zam, karena Rasulullah mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zam-Zam”. [HR.Al Bukhori].
3. Air terbaik dimuka bumi, sebagai obat dan makanan yang
mengenyangkan.
وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا
قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله – صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: *“خَيْرُ مَاءٍ عَلَى
وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ، فِيْهِ طَعَامُ الطَّعْمِ، وَشِفَاءُ السَّقْمِ”
“Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabdan :Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit”. [ HR. At Thobaroni, Mu'jamul ausath 4/179].
4. Satu-satunya air yang dipakai untuk mensucikan hati Nabi
Muahmmad SAW.
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
فَنَزَلَ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلَام فَفَرَّجَ صَدْرِيْ، ثُمَّ غَسَلَهُ بِمَاءٍ زَمْزَمَ
“Maka Jibril ‘alaihis-salaam turun dan membelah dadaku, kemudian ia mencucinya dengan air zamzam”. [HR. Al Bukhory].
5. Air yang
kita dianjurkan untuk Memperbanyak meminumnya.
Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
إِنَّ آيَةً مَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ الْمُنَافِقِيْنَ، إِنَّهُمْ لَا يَتَضَلَّعُوْنَ مِنْ زَمْزَمَ
“Sesungguhnya tanda (pembeda) antara kami dan kaum munafiqin adalah bahwasannya mereka tidak memperbanyak minum air zamzam”.
[HR. Ibnu
Maajah, Daruqutny dan Al Hakim].
Ø
Fakta nyata
mujarabnya air zam-zam :
· Ibnul-Qayyim
rahimahullah telah berkata :
وقد جرّبت أنا وغيري من الاستشفاء بماء زمزم أمورا عجيبة، واستشفيت به من عدة أمراض، فبرأت بإذن الله
“Sesungguhnya aku telah mencobanya, begitu juga orang lain, berobat dengan air zamzam adalah hal yang menakjubkan. Dan aku sembuh dari berbagai macam penyakit dengan ijin Allah Ta’ala”.
[ Zaadul-Ma’ad
4/393 ].
· Ibnu Qoyyim : "Aku juga
menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air Zam-Zam sebagai makanan selama
beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa
lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan
kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga
mempunyai kekuatan untuk berjima’, berpuasa dan melaksanakan thawaf “.[ Zaadul Maad, 3/192].
· Beliau
Ibnu Qoyim rahimahullah juga berkata: ”Ketika berada di Mekkah, aku mengalami
sakit dan tidak ada tabib dan obat (yang dapat menyembuhkannya). Akupun
mengobatinya dengan meminum air Zam-Zam dan membacakan atasnya berulangkali
(dengan al Fatihah), kemudian aku meminumnya. Aku mendapatkan kesembuhan yang
sempurna. Akupun menjadikannya untuk bersandar ketika mengalami rasa sakit, aku
benar-benar banyak mengambil manfaat darinya.” [Zaadul
Maad, 4/162].
Ø Adab
meminum air zam zam :
أَنَّ رَجُلًا جَاءَ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا فَقَالَ : مِنْ أَيْنَ جِئْتَ ؟ قالَ : مِنْ زَمْزَمَ. قَالَ : فَشَرِبْتَ مِنْهَا كَمَا يَنْبَغِي ؟ قَالَ : وَكَيْفَ ؟ قَالَ : إِذَا شَرِبْتَ مِنْهَا فَاسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ، وَاذْكُرِ اسْمَ اللهِ، فَتَنَفَّسْ ثَلَاثًا، وَتَضَلُّعْ مِنْهَا، فَإِذَا فَرَغْتَ فَاحمدِ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ، فَإِنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِنَّ آيَةًَ بَيْنَنَا وَبَيْنَ الْمُنَافِقِيْنَ، إِنَّهُمْ لَا يَتَضَلَّعُوْنَ مِنْ زَمْزَمَ.
“Bahwasannya seseorang datang kepada Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma. Ibnu ‘Abbas bertanya kepadanya : ‘Dari mana engkau datang ?’. Ia menjawab : ‘Dari sumur zamzam’. Ibnu ‘Abbas berkata : ‘Jika engkau minum air zamzam, maka menghadaplah ke kiblat, sebutlah nama Allah ‘azza wa jalla, bernafaslah tiga kali, dan perbanyaklah meminumnya. Apabila engkau telah selesai, maka pujilah Allah ‘azza wa jalla, karena sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : ‘Sesungguhnya tanda (pembeda) antara kami dan kaum munafiqin adalah bahwasannya mereka tidak memperbanyak minum air zamzam”.
[HR. Ibnu Maajah, sanad hadits ini sohih dan para perowinya tsiqoh ].
Ø Dalam
hadits yang lain diriwayatkan dengan lebih lengkap :
وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قاَلَ قَالَ رَسُوْلُ الله ِصَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ((مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ إِنْ شَرِبْتَهُ تَسْتَشْفِي شَفاَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِشَبْعِكَ أَشْبَعَكَ الله ُوَإِنْ شَرِبْتَهُ لِقَطْعِ ظَمْئِكَ قَطَعَهُ اللهُ وَهِيَ هَزْمَةُ جِبْرَائِيلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَسُقْيَا اللهِ إسْمَاعِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ)). رواه الدارقطني والحاكم وقال صحيح الإسناد
“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anh, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail”. [HR.ad Daroqutni dan Al Hakim, hadits sohih isnad].
DAFTAR PUSTAKA
- Al Quran Al Karim, cet. 2014 CV Mikraj
Khazanah Ilmu, Bandung.
- Al Qur’an Digital versi 2.1 Jumadil Akhir 1425 (Agustus 2004)
- Maktabah
Syamilah Versi 3.15
- Bukhārī, Muḫ ammad
bin isma’īl bin al-Mughīrah al-. (2002) Shaḫ īḫ alBukhārī, Beirut: Dar Ibn
Katsir.
- Ahmad bin ‘Ali bin
Hajar Al-Aśqalānī, Fath al-Bāri bī Syarh Shahih al-Bukhārī Dar al-Ma’rifah,
Beirut, t.th.
- Muslim, Imam, Shohih Muslim, (Beirut-Libanon: Darul Ma’rifah, 2007
M/1428H), Juz. IX.
- Abi Abdillah
Muhammad bin Yazid, Sunan ibnu Majah, Juz 1, t.th, Dar Al –Fikr
- Malik, Imam,
Al-Muwatha’, Beirut-Lebanon : Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, t,th, h. 91.
-
Muhammad ‘Abdur Rouf Al Manawi, Faidhul Qodir
Syarah al Jami’us Shogir, Dar al Kutub Al Ilmiyah, Bairut Lebanon, cet 5 th
2015
- Sayyid Sabiq, Fiqh
Al-sunnah, Jilid 1, Beirut-Lebanon : Dar Al-Fikr, t,th,
Kunjungi rumah kami di :
- # http://talimassakinah.blogspot.co.id
- # fb : Taklim As Sakinah
- # Gmail : jauharulfoundation@gmail.com
- # http://talimassakinah.blogspot.co.id
- # fb : Taklim As Sakinah
- # Gmail : jauharulfoundation@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar