Jumat, 21 Oktober 2016

RUH ITU BERKELOMPOK

MUTHOLAAH Vol 32

RUH ITU BERKELOMPOK

🌺🌳🌺🌳🌺🌳🌺🌳🌺🌳

_قال رسو ل الله صل الله عليه وسلم :_ 


*الأَرْوَاحُ جُنُوْدٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَا مِنْهَا اخْتَلَفَ*


_al arwaahu junuudun mujannadah famaa t'arofa minha i'talafa wa maa tanaakaroo minhaa ikhtalafa_


_RasuluLlah saw bersabda:_

*“Ruh-ruh itu seperti tentara yang berhimpun yang saling berhadapan. Apabila mereka saling mengenal (sifatnya, kecenderungannya dan sama-sama sifatnya) maka akan saling bersatu, dan apabila saling berbeda maka akan tercerai-berai.”*
(Al-Bukhari no. 3336,Sohih)

🌺🌳🌺🌳🌺🌳🌺🌳🌺🌳

_📌Pengertian Hadits : 📌_

🍃Manusia itu berkelompok-kelompok sesuai tabiatnya.

🍃 Bilamana ruh itu bertabiat baik, beriman, dan berakhlak maka akan bertemu dengan ruh yang sejenisnya dan cocok serta damai dengannya,dan berlaku sebaliknya.

🍃Suatu pasukan akan saling mengenal antara mereka,sehingga seorang pasukan tidak akan berlindung kecuali kepada teman satu timnya. Bahkan satuan tentara akan saling faham satu sama lain hanya dengan kode dan isyarat. Hal ini sebagai contoh permisalan dari roh manusia bila saling cocok pasti akan saling mengerti.

🍃Hubungan sesama manusia akan semakin kuat bilamana semakin mengenalinya lebih jauh. Dengan artian bilamana ditemukan banyak kesamaan sifat yang cocok maka juga akan semakin kuat hubungan persaudaraannya. 

🍃Dan sebaliknya bila kurang mengenali maka kurang juga kekuatan ikatan persaudaraan. Atau dengan ungkapan lain bila dalam hubungannya ditemui banyak perbedaan maka semakin renggang ikatan persodaraan itu.

🍃Pengelompokan ini akan terjadi secara alamiah. Semua akan menyatu sesuai dengan tabiatnya.

🍃 Hadits ini sebagai tolak ukur dimana posisi kita sekarang. Dekat dengan ruh yang bagaimanakah kita ini. Karena kebersamaan di dunia mengantar pada kebersamaan di akhirat. Semoga menjadi alat untuk intropeksi.


- *اللهم أدخلنا فى زمرة عبادك المتقين والصالحين ومن أهل جنة النعيم*.


*الله أعلم بالصواب*

💐MT AS SAKINAH💐
.http://talimassakinah.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar