Minggu, 15 Januari 2017

FADILAH IBADAH UMROH

*MUTHOLAAH  Vol.52*        23/12/2016


FADILAH  IBADAH  UMROH





🌻🌺🌻🌺🕋✈✈🕋🌻🌺🌻

_عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَال_َ : *قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ*

_*((تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِي الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلَّا الْجَنَّةُ))*_.

 Dari Abdullah bin Mas'ud berkata; 
*Rasulullah shallaLlahu 'alaihi wasallam bersabda*:_

_*"Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah, karena keduanya dapat menghilangkan kemiskinan dan menghapus dosa sebagaimana al kir menghilangkan karat besi, emas dan perak. Tidak ada balasan haji mabrur kecuali syurga."*_ 

_(HR.Tirmidzi : 738 Hadits Hasan)._


🌻🌺🌻🌺🕋✈✈🕋🌻🌺🌻🌺



*📚PENGERTIAN HADITS📚

💰 Maksud kalimat تَابِعُوا. Syaikh Abul Hasan As-Sindi menjelaskan : _“Jadikanlah salah satunya mengikuti yang lain, di mana ia dilakukan sesudahnya._ *Artinya*, 
_jika kalian menunaikan haji maka tunaikanlah umrah. Dan jika kalian menunaikan umrah maka tunaikan haji, sebab keduanya saling mengikuti_” 
(Faidhul Qadir oleh Al-Manawi, 3/225). 

💰Yang dimaksud يَنْفِيَانِ الفَقْر _(menghilangkan kemiskinan)_, bisa jadi benar-benar ditambah rezeqinya. Atau bisa juga dimaknai dengan makna lainnya, yaitu _Allah memberkahi rizkinya, diberikan rasa qona'ah dan kaya hatinya_Mungkin dohirnya dia hidup secara pas-pasan namun dihatinya di merasakan kenikmatan sebagaimana orang kaya rasakan.

_Ringkasnya Ada banyak fadilah haji dan umroh :_ 

1⃣. Menghilangkan kemiskinan. Artinya dengan menunaikan ibadah umroh orang akan dilancarkan rezekinya. Sebagaimana dalam ibadah sodaqoh, _orang yang rajin bersedekah maka akan semakin dikayakan dan dipermudah jalannya rezeki._
(Faidhul Qadir 3/225).

2⃣ Menghapus dosa dengan cepat. Dosa yang dimaksud konon dosa-dosa kecil. Akan tetapi bisa juga dosa-dosa besar juga akan terkikis dengan ibadah ini. Sebagaimana diterangkan dalam hadits : _".....maka dia akan kembali seperti pada hari saat ia dilahirkan oleh ibunya_.” *(Muttafaq alaih).* Bayi lahir dalam keadaan suci tidak membawa dosa sedikitpun. 
3⃣. Dijamiin Jannah.
4⃣Haji dan umroh merupakan jihadnya orang lemah, wanita, dan orang lanjut usia. (HR. An-Nasa’i dengan sanad yang hasan).
5⃣. Antara satu umrah dengan umrah berikutnya sebagai penebus dosa yang terjadi di antara keduanya. (Muttafaqun ‘Alaihi).

6⃣.Umrah di bulan Ramadhan senilai dengan satu haji. (Muttafaqun ‘Alaihi).

7⃣.Umroh dibulan Romadhon seperti haji bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Muttafaqun ‘Alaihi).

8⃣. Para jama’ah umrah adalah _tamu kebesaran Allah yang akan dikabulkan doa dan permintaannya._ (HR. Al-Bazzar, hasan lighairihi).

9⃣ Bila mana seseorang mati  dalam niatan untuk melaksanakan umrah, maka _dia dicatat melaksanakan umroh sampai hari Kiamat._ (Sohih Targhib :1267, sohih lighoirihi).

💰Melihat begitu banyak fadilah umroh maka umroh menjadi dorongan kuat bagi kita untuk segera mengerjakannya
Terlebih lagi bagi yang sudah berkemampuan,  _jangan pernah menunda-nunda,_ *karena kita tidak mengetahui apa yang terjadi dengan 'kemampuan ini' di esok hari*
(HR Ahmad 2721, shahih)

💰Ternyata amal sholeh itu bisa menghapus dosa yang dihasilkan dari amal buruk.

💰Seorang Muslim dalam melakukan amal shaleh _hendaknya diniatkan untuk menebus dosa_, dan juga _diniatkan untuk mendapatkan pahala dan ridha Allâh Azza wa Jalla_ .

- Doa kita :
*_ اللهم يسر مسيرتنا لزيارة بيتك المحرم ومسجد نبيك محمد صلى الله عليه وسلم. امين_*

      💐MT AS SAKINAH💐

 Kunjungi : 
http://talimassakinah.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar